by

3 Cara Membedakan Sashimi Segar dan Tidak

doktersehat-sashimi
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Sashimi adalah salah satu makanan yang dikenal memiliki rasa cukup lezat dan banyak digemari oleh orang Indonesia. Sashimi sendiri terbuat dari beberapa jenis ikan mentah, seperti tuna dan salmon. Cara mengolahnyapun hanya cukup dibuang kulitnya dan dipotong sesuai selera. Setelah itu, bisa dinikmati dengan saus.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua sashimi terbuat dari ikan segar. Oleh sebab itu, Anda harus pintar membedakan mana sashimi yang masih segar dan yang tidak. Berikut ini ada 3 cara untuk membedakannya, antara lain:

1. Perhatikan Tampilannya

Cara pertama untuk mengetahui sashimi masih segar atau tidak adalah perhatikan tampilannya. Hal ini sangat disarankan karena meskipun sepotong sashimi tidak ada bedanya dengan sashimi lainnya. Namun jika diperhatikan dengan seksama akan terlihat bedanya, yakni Anda bisa melihat detail lebih halus yang akan memberitahu seberapa segar daging sashimi tersebut. Ciri-ciri sashimi yang masih segar adalah memilik tampilan yang mengkilap, bebas dari lendir seperti susu, serta hampir tembus cahaya.

2. Cek Bau Sashimi

Cara yang kedua untuk mengetahui sashimi segar atau tidak adalah dengan memeriksa baunya terlebih dahulu sebelum dimakan. Anda harus memperhatikan seberapa kuat bau sashimi yang dihasilkan. Sashimi yang segar dan normal memiliki sedikit bau amis atau asin ketika dikonsumsi. Namun, jika Anda mencium bau ikan pada sashimi dari jarak jauh, sebaiknya Anda urungkan niat untuk mengonsumsinya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed