by

3 Hal yang Pantang Dilakukan Ketika Tubuh Merasa Lelah

doktersehat-lelah
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Aktivitas yang sangat padat dan memerlukan tenaga yang cukup banyak seringkali membuat tubuh  merasa lelah. Hal tersebut merupakan suatu hal yang sangat wajar dan bisa dirasakan oleh setiap orang. Pasalnya, tubuh juga membutuhkan waktu untuk istirahat.

Ketika tubuh merasa lelah, hal utama yang dilakukan adalah istirahat. Dengan istirahat, maka energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas akan kembali pulih. Akan tetapi, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan ketika tubuh dalam kondisi lelah, sebab akan mengakibat efek buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut diantaranya:

1. Tidur Siang Terlalu Lama

Aktivitas yang dilakukan dari pagi hari terkadang membuat tubuh lelah dan ingin segera istirahat. Tak sedikit yang memilih untuk tidur siang karena dianggap dapat mengembalikan energi yang terbuang. Anggapan tersebut memang bebar bahwa tidur siang sangatlah menyehatkan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidur siang akan menyehatkan jika dilakukan dengan pola waktu yang benar. Dalam artian, Anda boleh tidur namun hanya dalam waktu maksimal 20-30 menit saja. Sebab, tidur siang yang terlalu juga tidak akan memberikan dampak baik untuk tubuh Anda, tapi justru memberikan dampak buruk untuk kesehatan.

2. Minum Kafein

Kebiasaan ini mungkin hampir dilakukan oleh setiap orang. Ketika tubuh terasa lelah dan merasa ngantuk, mereka akan mengonsumsi kafein, salah satu contohnya adalah kopi. Kopi memang dikenal sebagai minuman yang sangat manjur untuk menghilangkan rasa kantuk. Namun, sebaiknya minuman ini dihindari ketika Anda sedang merasa lelah. Hal ini dikarenakan kopi akan membuat Anda tidak bisa beristirahat akibat rasa kantuk tersebut sudah hilang. Sehingga, pola tidur Anda akan terganggu dan secara tidak langsung Anda mengurangi waktu istirahat Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed