by

3 Manfaat Berenang di Malam Hari

doktersehat olahraga renang
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Bagi orang yang peduli akan kesehatan, olahraga itu penting. Baik mulai dari olahraga ringan seperti lari-lari kecil, aerobik, hingga olahraga yang berat sekalipun seperti fitnes, angkat beban dan bela diri.

Olahraga bukan hanya bermanfaat untuk menyehatkan badan, melainkan juga untuk merileksasikan pikiran kita karena olahraga mampu meningkatkan hormon endorfin yang mampu membuat kita lebih bahagia dan bersemangat.

Bicara mengenai olahraga, biasanya kebanyakan orang akan melakukannya di pagi atau sore hari. Padahal, malam hari pun sebenarnya bisa digunakan untuk berolahraga, misalnya berenang.

Banyak anggapan yang mengatakan bahwa berenang di malam hari tidak baik sebab bisa memicu masalah kesehatan. Hal itu memang benar, tapi jika dilakukan secaraberlebihan alias terlalu memaksakan diri. Padahal, ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan jika berenang di malam hari secara benar. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

1. Lebih Rileks

Kita tahu bahwa malam hari adalah waktunya orang untuk beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas. Nah, di waktu inilah kita bisa memanfaatkannya untuk berenang. Coba bandingkan dengan waktu lain seperti pagi contohnya. Di pagi atau siang hari, saat kita berenang, kesannya seperti terburu-buru alias dikejar waktu karena beberapa aktivitas lain tertentu.

2. Menyehatkan Jantung

Berenang adalah olahraga yang mampu mengencangkan otot dada, trisep, dan paha depan kita. Nah, perlu diketahui bahwa manfaat berenang di malam hari juga bisa menyehatkan jantung kita. Karena berenang sendiri merupakan salah satu cabang olahraga dari aerobik, sehingga dapat memperkuat otot jantung kita. Dengan begitu, kinerja jantung kita bisa lebih optimal dalam memompa darah ke dalam tubuh. Cukup berenang 30 menit per hari, maka bisa mengurangi penyakit jantung koroner 30 hingga 40 persen. Selain itu juga bisa mengontrol tekanan daraha lebih baik lagi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed