by

3 Manfaat Berjemur di Pagi Hari yang Wajib Anda Ketahui

DokterSehat.Com– Berjemur memang sebuah aktivitas yang cukup membosankan. Sebab, selain merasakan panas, kulit juga terancam menjadi lebih gelap. Maka tak heran jika banyak orang yang enggan melakukan aktivitas ini. Selain itu, banyak juga yang mengatakan jika berjemur adalah sebuah kegiatan yang hanya membuang-buang waktu. Hal tersebut dikarenakan kesibukan atau rutinitas yang padat sehingga seakan tak ada waktu untuk melakukan aktivitas berjemur.

Padahal, berjemur adalah sebuah aktivitas yang sangat banyak manfaatnya. Tidak perlu lama, cukup 15 menit setiap pagi maka Anda akan merasakan manfaatnya. Sampai-sampai banyak pakar yang mengatakan jika berjemur merupakan cara sehat yang cuma-cuma, alias gratis. Nah, apa saja keistimewaan berjemur di pagi hari? Berikut diantaranya.

1. Menyehatkan Kulit

Banyak yang mengira jika berjemur bisa membuat kulit menjadi lebih gelap dan menjadi kering. Padahal anggapan tersebut tidaklah benar. Pasalnya, dengan rutin berjemur di pagi hari, kulit Anda akan terhindar dari penyakit kulit kronis seperti psoriasis, jerawat, eksim, dan berbagai jenis masalah kulit lainnya. Selain itu, paparan sinar matahari pagi juga bisa menurunkan manifestasi dari bekas luka sehingga luka tersebut akan cepat kering dan sembuh.

2. Detoksifikasi Tubuh

Berjemur di pagi hari juga bisa digunakan sebagai detoksifikasi tubuh secara alami. Seperti diketahui, tubuh seseorang setiap hari dihinggapi oleh racun serta bakteri yang didapat dari polusi udara, makanan tak sehat, serta gaya hidup yang tak sehat. Untuk itu, proses detoks sangat penting untuk mengeluarkan racun-racun tersebut. Salah satu caranya adalah dengan berjemur di pagi hari. Sebab, sinar matahari bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga racun akan tereliminasi oleh darah serta keringat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed