by

3 Mitos Yang Salah Saat Memilih Makanan

DokterSehat.Com– Meski tidak disertai bukti penelitian yang kuat, nyatanya kita sangat sering mengikuti mitos pemilihan makanan yang ternyata tidak sepenuhnya benar lo.

doktersehat-shopping-label-makanan-kadaluarsaTentu sering ya kita mendengar bahwa makanan organik adalah makanan yang baik. Hal-hal semacam ini menjadi suatu kepercayaan atau mitos di kalangan banyak orang. Namun kita tentu harus mampu memilih dengan tepat sehingga tidak terjebak dalam mitos yang salah.

Pakar kesehatan, Melinda Ratini dari Web MD menyebutkan beberapa mitos yang sering dipercayai namun tidak sepenuhnya benar, yaitu:

1. Makanan dengan klaim rendah atau bebas lemak merupakan yang terbaik

Dibandingkan memilih makanan kemasan, utamanya jajanan, dengan klaim rendah lemak. Akan lebih efektif jika kita memilih makanan segar yang memang rendah lemak, misalnya daging bagian dalam atau daging unggas tanpa kulit. Pada makanan kemasan klaim rendah, atau bahkan bebas, lemak sebenarnya masih memiliki kandungan lemak meskipun sedikit.

2. Makanan organik adalah yang paling sehat

Meskipun makanan organik memiliki berbagai keunggulan, namun bukan berarti makanan non-organik menjadi tidak sehat ya. Makanan non-organik sama-sama memiliki kandungan gizi yang baik. Yang paling penting diperhatikan adalah penanganan makanan non-organik pada proses pencucian agar kandungan kimia pada bahan benar-benar hilang. Hal ini akan mendukung kualitas makanan non-organik yang sama baiknya dengan makanan organik.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed