by

3 Tanda Air Telah Tercemar dan Tidak Layak untuk Diminum

doktersehat-minum-air-putih-sehat-1024

DokterSehat.Com– Air putih merupakan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bisa dikatakan bahwa tanpa meminum air putih, maka seseorang tidak akan bisa bertahan hidup. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam air putih mampu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, bahkan kulit. Untuk itu, seseorang disarankan untuk meminum air putih minimal delapan gelas sehari.

Akan tetapi, dalam meminum air putih, baik dari air minum kemasan, air galon, maupun air minum yang direbus sendiri, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu apakah air tersebut sudah bersih dan tidak tercemar. Pasalnya, air juga bisa tercemar bahan-bahan yang berbahaya, sehingga jika masuk ke dalam tubuh, maka dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri air minum yang telah tercemar, agar Anda bisa lebih berhati-hati dalam meminum air putih. Berikut ini adalah beberapa ciri-cici air minum yang telah tercemar, diantaranya:

1. Berbau dan Memiliki Rasa yang Aneh

Seperti yang Anda ketahui bahwa air minum yang sehat adalah tidak berbau dan memiliki rasa tawar atau payau. Untuk terhindar dari bahaya air minum yang telah tercemar, sebaiknya Anda mencium terlebih dahulu air minum yang akan Anda minum. Jika memiliki bau yang kurang sedap, berarti air tersebut sudah tercemar. Umumnya, air minum kemasan bisa terkontaminasi oleh zat-zat kimia yang sangat berbahaya. Oleh sebab itu, tetap berhati-hati saat ingin meminum air minum baik dalam kemasan maupun air minum yang direbus sendiri.

2. Keruh

Air minum yang aman untuk dikonsumsi adalah air minum yang jernih. Jika air minum yang ingin Anda minum ternyata keruh, bisa dipastikan jika air tersebut telah tercemar dan tidak layak untuk diminum. Air yang keruh biasanya disebabkan oleh sejumlah partikel mikroba yang tidak bisa dilihat dengan jelas.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed