by

5 Hal Tentang Sosok Lalu Muhammad Zohri, Juara Dunia Lari 100 Meter Yang Harumkan Indonesia


Ini 5 Hal yang perlu Anda ketahui:(1) Pertama Kali Indonesia Juara 


Lalu Muhammad Zohri, 18 tahun, menorehkan sejarah dengan menjuarai nomor lari 100 meter putra dalam kejuaraan dunia atletik U-20 di Finlandia, Rabu (11/7/2048) malam waktu setempat. Inilah pertama kali Indonesia menjadi juara. Dalam 32 tahun sejarah Kejuaraan Dunia U-20 IAAF, penampilan terbaik atlet Indonesia adalah finis di peringkat ke-8 pada tahun 1986.(2) Bukan Unggulan


Di Finlandia, Zohri tak diunggulkan dan bahkan berlomba dari lintasan terluar (urutan paling buncit nomor 8),  namun berhasil mengalahkan dua pelari unggulan asal Amerika Serikat dengan mencatatkan waktu 10,18 detik. Ia unggul tipis dari Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang sama-sama mencatatkan waktu 10,22 detik.Pemandu acara sampai menyebut ketakjuban dengan menyatakan “incredible”.

(3) Selebarasi Sujud Syukur


Begitu diumumkan bahwa dirinya yang mencatatkan waktu tercepat mengalahkan 7 finalis lain, Lalu Muhammad Zohri langsung melakukan sujud syukur, meletakkan kening dan kepalanya ke bumi, merendahkan diri pada Ilahi, bersyukur atas nikmatNya yang tak terduga duga. Begitulah sifat Muslim.(4) Dari rumah renta menjadi juara dunia


Lalu Muhammad Zohri yang mencatatkan sejarah sebagai juara dunia ternyata masih tinggal di sebuah rumah renta di kampung halamannya, Dusun Karang Pangsor, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).


“Iya, sampai sekarang kondisi rumah masih sama,” kata kakak Lalu, Fazilah ketika dihubungi Antara di Jakarta, Kamis (12/7/2018).Fazilah mengatakan rumah yang berlokasi di Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara itu selalu dipakai Lalu ketika kembail ke kampung halamannya.

Putra pasangan almarhum Lalu Ahmad Yani dan almarhumah Saeriah itu bercita-cita memperbaiki rumah di kampung halamannya jika telah mencapai kesukesan.

“Belum. Dia akan memperbaiki rumah orang tua setelah benar-benar sukses,” kata Fazilah yang menambahkan karakter atlet berusia 18 tahun itu sebagai sosok pendiam.

Sebelum meninggal, ayah Lalu Muhammad Zohri pernah mendoakan agar putranya selalu sukses mencapai cita-citanya.

(5) Jadi Trending Topik Dunia Maya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed