by

Amalan Yang Satu Ini Bagaikan Pahala Orang yang Menunaikan Haji dan Umrah

SETELAH keheningan malam mulai memecah, seiring dengan fajar yang mulai merekah, saat kewajiban shalat shubuh selesai ditunaikan, maka Rasulullah Saw tetap duduk di tempat selepas shalat shubuh untuk berdzikir menyebut Asma Allah sampai terbit matahari. Kemudian beliau mengerjakan shalat dua rakaat.

Dari Jabir bin Samurah,
“Bahwasanya apabila Nabi Saw selesai shalat shubuh, maka beliau duduk di tempat shalatnya, hingga matahari benar-benar terbit (meninggi).” (HR. Muslim)

Rasulullah menganjurkan umatnya agar mengamalkan sunnah yang agung tersebut. Beliau menyebutkan pahala dan balasan yang besar bagi orang yang mengamalkannya.

Dari Anas bin Malik, ia berkata, Rasulullah Saw bersabda,
“Barangsiapa shalat fajar secara berjamaah di masjid, lalu duduk berdzikir mengingat Allah sampai matahari terbit, kemudian mengerjakan shalat dua rakaat, maka dia mendapatkan pahala bagaikan orang yang menunaikan ibadah haji dan umrah dengan sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Masya Allah… betapa pentingnya shalat fajar berjamaah dan dzikir mengingat Allah hingga kata Rasul, pahala yang akan didapatkannya bagaikan menunaikan haji dan umrah. Kita bisa mendapatkan pahala seperti haji dan umrah tanpa perlu melaksanakannya. Maha Besar Allah dengan segala kehendaknya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed