by

Anatomi Lambung Manusia, Kenali Fungsi Setiap Bagiannya

Setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan dicerna dalam lambung untuk kemudian disalurkan menjadi energi. Lambung adalah salah satu bagian dari sistem pencernaan, tapi sudahkah Anda tahu apa saja dan fungsi masing-masing bagian lambung manusia? Yuk, simak anatomi lambung manusia berikut ini!

Kenali dulu fungsi lambung pada sistem pencernaan

Lambung adalah organ berbentuk kantong menyerupai huruf J yang terletak di bagian atas perut. Organ pencernaan satu ini dipenuhi oleh otot dan pembuluh darah. Ukuran lambung dapat berubah bentuk mengikuti postur manusia dan seberapa banyak makanan yang ada di dalam lambung pada saat makan.

Nah, sebelum mengulas lebih jauh tentang anatomi lambung manusia, Anda perlu memahami fungsi lambung terlebih dahulu.

Lambung memiliki tiga fungsi utama, yaitu:

  1. Tempat penyimpanan makanan sementara, setidaknya selama dua jam atau lebih sebelum disalurkan ke organ pencernaan selanjutnya
  2. Memecah dan mengaduk-aduk makanan lewat gerak peristaltik yang dipicu oleh kerja lapisan otot lambung
  3. Mencerna dan menghancurkan makanan dengan bantuan enzim lambung

Seperti apa anatomi lambung manusia?

Lambung manusia terhubung dengan dua saluran di masing-masing ujungnya. Ujung atas lambung terhubung dengan esofagus alias kerongkongan, saluran berbentuk tabung yang menjadi jalur masuk makanan dari mulut. Daerah pertemuan antara esofagus dengan lambung disebut dengan persimpangan gastroesofageal (GE).

Semetara bagian bawah lambung terhubung dengan usus halus, organ berbentuk selang panjang yang menghubungkan lambung dengan usus besar. Ujung pertama dari usus halus disebut dengan duodenum. Duodenum inilah yang secara langsung terhubung dengan lambung.

  1. anatomi lambung

Sumber: www.cancer.ca

Anatomi lambung terbagi menjadi lima bagian, di antaranya:

Kardiak

Kardiak adalah bagian ujung lambung teratas yang berhubungan langsung dengan esofagus. Kardiak menjadi tempat pertama masuknya makanan setelah dari kerongkongan. Pada ujung lambung ini terdapat sfingter kardiak, cincin otot yang berfungsi sebagai klep untuk mencegah makanan yang sudah masuk ke lambung kembali naik ke kerongkongan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed