by

Anjing Bisa Mendeteksi Kanker? – Dokter Sehat

DokterSehat.Com– Anjing dikenal luas sebagai sahabat terdekat manusia sehingga kerap dijadikan hewan peliharaan. Yang tidak disangka adalah, di Inggris, anjing ternyata mampu dilatih agar bisa mendeteksi salah satu penyakit paling mengerikan di dunia, yakni kanker prostat.

Dikutip dari Daily Mail, Medical Detection Dog (MDD) dibuat sebagai organisasi yang melatih anjing agar bisa mendeteksi gejala awal kanker prostat. Hal ini disebabkan oleh kemampuan indera penciuman anjing yang 40 kali lebih kuat dari penciuman manusia. Anjing-anjing ini diklaim mampu mendeteksi bau khas pada urine penderita kanker prostat.

Dr. Clair Guest, CEO dari organisasi ini menyebutkan bahwa selama ini, deteksi kanker prostat biasanya dilakukan dengan cara melakukan tes prostate specific antigen (PSA) yang terkadang hasilnya tidak akurat atau memasukkan jarum ke dalam prostat, sesuatu yang sangat tidak disukai oleh pria. Dengan menggunakan anjing, maka pria tinggal melakukan hal yang mudah sambil menunggu hasil deteksi.

Sebelum membuka pelayanan deteksi kanker prostat, MDD bekerja sama dengan Milton Keynes University Hospital untuk melakukan uji coba. Hasil dari uji coba ini sangat memuaskan, yakni akurasi ketepatan deteksi mencapai 93 persen.

Ide untuk menjadikan anjing sebagai media pendeteksi kanker prostat sudah mulai diteliti sejak 2012 silam. Cara untuk melakukan deteksi ini juga sangat mudah, yakni dengan membuat pria mengumpulkan sampel urine miliknya yang kemudian diendus oleh anjing yang sudah dilatih. Setelahnya anjing ini akan memberikan tanda khusus pada tenaga medis yang menemaninya untuk memberitahukan apakah sampel urine ini positif menandakan adanya kanker prostat atau tidak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed