Awas, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Ginjal Secara Perlahan – nulis

Posted on
Sumber: pixabay.com
kebiasaan buruk yang menyebabkan ginjal rusak.

Ginjal merupakan organ yang berperan dalam proses ekskresi. Proses ini sangat penting mengingat jasanya dalam menjaga kesehatan tubuh. Sekali saja ginjal terganggu, akibatnya bisa berujung panjang dan menyakitkan.

Mengingat peranannya yang begitu penting, yaitu sebagai pengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, maka kesehatan ginjal harus selalu diperhatikan.

Seperti yang dilansir dari kompas.com, untuk menjaga agar performa ginjal tetap prima, sebaiknya hindari beberapa kebiasaan buruk berikut:

Kurang minum

Kebutuhan minum setiap individu berbeda-beda, tetapi secara garis besar, tubuh setidaknya perlu mendapat asupan cairan sekitar 2 liter atau 8 gelas per hari.

Kekurangan cairan dapat memperberat kerja ginjal dalam mengatur banyak sedikitnya cairan yang harus dikeluarkan. Selain itu, kurang minum juga bisa ikut andil dalam pembentukan batu ginjal.

Menahan kencing

Seringkah Anda menahan kencing? Mulai sekarang, Anda harus benar-benar waspada. Karena kebiasaan menahan kencing ini dapat menimbulkan endapan yang dibawa urin pada ginjal atau kandung kemih.

Endapan tersebut berupa butiran seperti batu kerikil dan jika dibiarkan dapat membesar sehingga menganggu aliran urin. Oleh sebab itu, sebaiknya segera pergi ke kamar mandi jika terasa ingin kencing.

Merokok

Bukan sebuah rahasia jika merokok bukanlah kebiasaan baik. Kandungan zat kimia dalam rokok bersifat toksik sehingga dapat memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan, salah satunya merusak ginjal Anda.

Overdosis garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam bukan hanya dapat menimbulkan hipertensi atau darah tinggi, tetapi juga penyakit ginjal yang berujung pada kegagalan fungsi ginjal.

Tekanan darah yang terlalu tinggi membuat ginjal harus bekerja ekstra cepat dalam menyaring darah. Beban pembuluh pada ginjal akan semakin berat sehingga berkemungkinan dinding pembuluh akan pecah. Inilah awal dari kegagalan fungsi ginjal.

Diet tinggi protein

Diet tinggi protein adalah salah satu cara yang paling ampuh dalam menurunkan berat badan. Ini karena sifat protein yang mampu menahan lapar lebih lama sehingga bisa mencegah seseorang untuk makan terlalu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *