by

Begini Caranya Mengajari Kebiasaan Makan Anak Supaya Tetap Sehat

Memiliki pola makan sehat dan seimbang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kebiasaan makan yang buruk telah lama terkait dengan risiko berbagai penyakit, seperti obesitas, dan berbagai gangguan makan di masa remaja. Akan tetapi agar anak mau makan sehat sampai mereka besar nanti, Anda harus mengajarkan dan membiasakannya sedini mungkin. Yuk, simak tips berikut ini untuk mengajarkan anak agar terbiasa makan sehat.

Tips mengajarkan agar anak mau makan sehat terus

Penting untuk mengajarkan dan membiasakan agar anak mau makan sehat. Dengan begitu, mereka akan memahami betul mana saja makanan yang bergizi dan bermanfaat bagi tubuhnya, sekaligus memberi kebebasan pada anak untuk bisa menentukan makanannya sendiri.

Seperti ini caranya mengajarkan anak supaya terus terbiasa makan sehat sampai ia besar nanti.

Tidak memberi label “baik” atau “buruk” pada makanan

Orangtua sering kali memberi label makanan bergula, digoreng, dan yang terasa asin, seperti keripik kentang, cokelat, atau donat sebagai makanan yang buruk, sedangkan sayur dan buah dilabeli sebagai makanan baik.

Meski memang benar demikian, cara ini kurang tepat dilakukan oleh orangtua. Lebih baik memberi tahu anak mengenai manfaat makan sayur dan buah sehingga ia mau memakannya setiap hari. Sementara itu, jangan langsung memarahi anak dan memberi tahunya kalau permen atau gorengan itu “jahat/buruk”, jangan pula langsung melarangnya mentah-mentah. Sebaiknya, beri tahu si kecil apa efeknya jika terlalu banyak makan makanan bergula, yang asin, atau pun digoreng sehingga hanya boleh dimakan kadang-kadang saja.

Membuat variasi menu makanan

Walaupun Anda sudah memberi tahu mengenai manfaat sayur dan buah, beberapa anak mungkin tetap sulit untuk menyukainya, terutama sayur.

Cobalah membuat menu variasi dari sayur dan buah yang membuat Anak tertarik dan tidak bosan untuk memakannya. Mungkin Anda bisa mengajak anak untuk ikut berbelanja ke pasar atau swalayan untuk memberikan kesempatan bagi anak memilah-milih buah dan sayurnya sendiri.

Melibatkan anak dalam membuat makanan, juga membantu anak dalam mengembangkan kemampuannya, misalnya cara mencuci sayur dan buah yang baik dan benar.

Anda juga bisa mengajari anak bagaimana caranya merawat tanaman sayur atau buah, seperti cabai, tomat, buah mangga, jambu, dan sebagainya. Ini bisa membangkitkan semangat anak untuk berkebun dan antusias anak untuk mencoba sayur atau buah yang mereka tanam.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed