Belum Tentu Tulus, Kenali Tipe-Tipe Teman Palsu yang Siap Menjatuhkan

Posted on

SURATKABAR.ID – Sudah sering dalam kehidupan kita bertemu dengan orang-orang yang kelihatannya seperti seorang teman. Kita pun mempercayai mereka dan menghabiskan waktu bersama dengan mereka. Namun, setelah sekian lama pun sifat asli mereka akhirnya terlihat.

Saat kita membutuhkan bantuan mereka mengabaikannya, atau mereka hanya datang ketika ada maksud dan bahkan mempergunakan kita sebagai alat demi keuntungan mereka sendiri. Sulit mengenali orang-orang seperti ini, tetapi kita bisa mengenali tanda-tandanya dari ketujuh tipe teman “palsu” seperti dilansir dari Grid.ID.

1 Complimenter

Orang-orang ini memuji dan memberikan penghargaan untuk bisa dengan cepat mendekati Anda. Pertanyakan dulu kenapa mereka ingin secepat itu dengan Anda. Karena bisa saja berarti mereka memang tulus dan baik hatinya.

Tetapi, mereka bisa juga menginginkan sesuatu yang amat spesial dari Anda, sesuatu khusus yang bukan persahabatan. Complimenter ini untungnya mudah dikenali, sebab sifat ramah mereka bisa terlihat kalau palsu dengan jelas.

Baca juga: Joshua Suherman Kena Kriminalisasi Penistaan Agama, Setara Institute Minta Itu Dihentikan

2 Manipulator

Ini bisa jadi salah satu yang paling berbahaya lantaran susah dikenali. Kalau teman sejati selalu memikirkan tentang perasaan Anda, maka manipulator tak punya alasan untuk itu. Mereka ini layaknya bidak catur yang ingin selalu maju bergerak untuk mendapatkan yang diinginkan. Namun, jangan berharap mereka akan tinggal di sisi Anda saat sudah mendapat yang mereka inginkan.

3 Social Climber

Seorang Social Climber memandang teman itu layaknya pakaian atau barang mahal, seperti sesuatu yang membuat mereka terlihat memukau. Serupa dengan manipulator, mereka cuma bergaul dengan Anda kalau menurut mereka sesuai dengan mereka, mereka pun tak memperhatikan perasaan serta keinginan Anda.

4 Copy Macine

Orang-orang Copy Machine bersedia menjatuhkan maupun memperbaiki karakter mereka demi meniru Anda. Mereka memiliki tujuan akhir untuk berubah, namun bagi mereka mungkin ada aspek kepribadian diri Anda yang mereka inginkan.

Apabila teman sejati membuat Anda dan dia berkembang bersama serta saling mencari tahu tentang satu sama lain lebih banyak, Copy Machine hanya membuat Anda merasa seperti berhubungan dengan cermin.

Baca juga: Penuh Kode! Ini Postingan Facebook Iwan Maulana Sebelum Habisi Bosnya Sekeluarga

5 Pretender

Pretender hanya akan bertindak seperti teman saat menurutnya sesuai dengan mereka, mereka bisa bersikap ramah bahkan bergaul dengan asyik. Namun, mereka tidak punya rasa kesetiaan.

Mereka bisa berpura-pura jadi teman tapi juga tak mengakui Anda saat ada suatu hal yang bisa memberi dampak negatif baginya. Kadang atau sering mereka pun berhutang pada Anda tetapi tak pernah dikembalikan, pinjam barang juga sama tak pernah mereka kembalikan.

6 Cheater

Beda dengan tipe-tipe sebelumnya, tipe  teman tapi penipu ini memang pernah menjadi teman sejati Anda. Tetapi mereka ini diam-diam berubah lalu mengkhianati Anda. Yang paling sering contohnya yakni soal asmara, mereka diam-diam menjalin kasih dengan pasangan Anda.

Namun, sayang sekali karena Cheater atau penipu ini baru bisa diketahui setelah mereka melanggar kepercayaan Anda. Hingga saatnya itu mereka masih terlihat layaknya teman sejati.

Baca juga: Balas Farhat Abbas yang ‘Permalukan’ Dirinya, Vicky Prasetyo Posting Begini

7 Rival

Mungkin pernah ada teman Anda yang saat Anda menceritakan sesuatu yang Anda atau mereka lakukan, mereka langsung mengucapkan sesuatu yang bikin mereka jadi pusat perhatian?

Setiap kali Anda berhasil mencapai sesuatu itu menjadi tantangan bagi mereka, bukan merayakan keberhasilan Anda tetapi inginnya mereka selalu lebih dari dari Anda. Kalau mereka tak bisa mengalahkan Anda, maka mereka pun merusak kesenangan Anda. Bahkan mereka berhenti menjadi teman Anda dan berubah jadi musuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *