by

Berbahayakah Bila Suka Makan Es Batu? Ini Faktanya

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang suka makan es batu, khususnya sisa dari minuman dingin yang baru saja dihabiskan. Sebenarnya, apakah kebiasaan makan es batu ini bisa berbahaya bagi kesehatan?

doktersehat-air-minum-esDikutip dari Healthline, pakar kesehatan menyebut hobi mengonsumsi es batu bisa jadi adalah tanda dari adanya masalah kesehatan bernama pagophagia. Penderita masalah kesehatan ini sangat suka mengonsumsi es batu sehingga akan mencari-cari es batu dari lemari pendingin. Meskipun terlihat tidak berbahaya, dalam realitanya hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika kita sampai memiliki keinginan berlebih untuk makan es batu, maka bisa jadi hal ini menandakan adanya masalah anemia berjenis iron deficiency anemia. Kondisi ini terjadi jika darah tidak memiliki sel darah merah yang cukup. Padahal, sel darah merah ini berperan besar dalam mengalirkan oksigen menuju seluruh jaringan tubuh. Tanpa adanya oksigen, maka kita akan merasa lelah dan kurang bertenaga.

Anemia ini akan membuat darah kekurangan zat besi yang memiliki peran besar dalam membentuk sel darah merah sehat. Yang menarik adalah, jika kita mengunyah es batu, maka akan lebih banyak darah yang dialirkan menuju otak yang berarti semakin banyak oksigen yang memasuki organ tersebut. Hal inilah yang membuat penderita anemia ini seperti terus ingin mengunyah es batu.

Selain anemia, suka makan es batu bisa jadi adalah tanda dari masalah pica, gangguan makan yang membuat penderitanya mengonsumsi benda-benda yang tidak biasa dikonsumsi seperti es batu, tanah, kertas, dan lain-lain. Pagophagia adalah salah satu jenis dari pica yang membuat penderitanya mengonsumsi es, air es, atau salju.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed