by

Berbahayakah Menggunakan Suplemen Penurun Berat Badan?

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak tertarik mengonsumsi suplemen penurun berat badan? Orang yang sedang melakukan diet tentu banyak yang beranggapan bahwa suplemen penurun berat badan dapat sangat membantu. Namun tak jarang pula banyak orang yang menganggap penggunaan suplemen berat badan justru berbahaya, benarkah?

doktersehat-suplemen-diet-obatSuplemen berat badan bekerja dengan berbagai cara, misalnya memberikan energi tambahan atau meningkatkan rasa kenyang tubuh. National Institute of Health (NIH) menyebutkan bahwa umumnya suplemen penurun berat badan sama dengan jenis suplemen lain, yang juga memiliki efek samping bagi tubuh.

Efek kombinasi antar komponen

NIH menyebutkan bahwa ada kemungkinan beberapa komponen suplemen penurun berat badan belum teruji kombinasinya antara satu komponen dengan yang lainnnya, hal ini menyebabkan kemungkinan adanya efek kombinasi yang masih belum diketahui, dan tentu efeknya akan berbeda di masing-masing orang.

Zat atau komponen tertentu yang mengontrol kondisi

Selain itu, beberapa hal yang mungkin terjadi adalah adanya beberapa komponen yang tidak disebutkan dalam produk. Hal ini yang kerap membuat suatu efek yang terkontrol oleh adanya komponen tersebut, sehingga kita bisa seakan ketergantungan dengan produk tersebut. Atau bisa pula efek penggunaannya hanya menunjukkan hasil pada awal pemakaian saja.

Komponen yang kerap tidak disebutkan ini tentu tidak diketahui apa kandungan dan mungkin efek samping yang bisa berbahaya untuk beberapa kondisi tubuh.

Interaksi dengan obat

Interaksi antara suplemen dan obat sudah menjadi suatu hal yang lumrah. Sama dengan suplemen lainnya, beberapa suplemen penurun berat badan dapat berinteraksi atau bahkan memengaruhi penyerapan obat yang sedang dikonsumsi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed