by

Bibir Sering Pecah-Pecah? Bisa Jadi Anda Mengalami Penyakit ini

mencerahkan-bibir-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Bibir merupakan salah satu anggota tubuh yang juga membutuhkan perawatan khusus agar tetap dan selalu sehat. Tak sedikit orang yang memiliki masalah terhadap bibir, seperti bibir kering dan pecah-pecah. Kondisi tersebut disebabkan oleh kurangnya vitamin C di dalam tubuh, sehingga kebutuhan vitamin C tersebut harus segera terpenuhi.

Bibir pecah-pecah juga bisa disebabkan oleh produk kecantikan yang biasa Anda gunakan. Produk kecantikan yang digunakan terlalu sering dan dalam jumlah yang cukup banyak dapat mengganggu kesehatan. Sebab, produk kecantikan umumnya mengandung bahan kimia yang memberikan efek buruk, tidak terkecuali pada bibir.

Akan tetapi, kondisi bibir pecah-pecah juga bisa jadi tanda adanya suatu penyakit di dalam tubuh Anda. Seperti yang Anda ketahui beberapa anggota tubuh bisa merasakan gejala atau tanda adanya suatu penyakit di dalam tubuh. Lantas, jenis penyakit apa yang ada di dalam tubuh ketika bibir pecah-pecah?

Bibir pecah-pecah dalam waktu yang lama ternyata disebabkan oleh virus cheilitis atau virus herpes. Virus ini tumbuh akibat paparan sinar matahari yang berlebih sehingga bisa menghasilkan garis putih tipis yang membentuk bibir. Selain menyebabkan bibir pecah-pecah, virus ini juga bisa menyebabkan luka merah di sekitar bibir serta kulit kering yang mengelupas. Dampak buruk lainnya adalah jika kondisi bibir ini dibiarkan, maka akan berubah menjadi kanker.

Tidak hanya itu, virus ini juga bisa menular kepada orang terdekat di sekitar Anda. Cara penularannya bisa dengan cara penggunaan alat makan yang bergantian atau benda lainnya yang berhubungan langsung dengan bibir. Virus ini membutuhkan penanganan yang serius. Jika terus dibiarkan dan tidak segera ditangani dengan cara medis, maka virus ini akan semakin menyebar dan tentu saja akan membuat kondisi kesehatan Anda semakin memburuk.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed