Bukan Dekat Palestina, Inilah 5 Daerah yang Seharusnya Jadi Tempat Berdirinya Israel

Posted on
Kalau bicara mengenai Israel, mungkin kita lebih dengan kekuatan militernya serta komunitas penganut agama Yahudi yang ada di sana saja. Itu bukan hal yang aneh lantaran memang Indonesia tidak melakukan hubungan diplomatik dengan negara tersebut. Alhasil jarang  informasi lengkap mengenai Israel di Indonesia.

Salah satu hal yang jarang diketahui mengenai Israel adalah mengenai rencana berdirinya negara ini yang ternyata bukan di dekat Palestina. Ya, mulai dari Madagaskar hingga Jepang pun pernah jadi salah satu cikal bakal Israel ini. Lalu negara mana saja itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga

Mengintip Gaya Zaman Now Orang Afrika Tetap Trendy di Tengah Kemiskinan yang Ada

Dulu Dikenal Sangat Melarat, 4 Negara Ini Sekarang Berubah Jadi Raja Dunia

Ararat Turki pernah disarankan ditempati Israel

Ararat Turki [image source]

Jauh sebelum deklarasi Balfour berhasil disepakati, ternyata salah satu tempat yang ditunjuk untuk dijadikan berdirinya negara Israel adalah Ararat Turki. Rencana ini dikemukakan oleh Mordecai Manuel Noah untuk mencarikan tanah untuk ditinggali oleh bangsa Israel karena mengingat waktu itu, tepatnya selepas perang dunia pertama terjadi, wilayah Turki dipreteli oleh beberapa negara, sehingga kemungkinan ada sisa bagi bangsa Israel. Namun sayang hal itu tidak pernah terjadi, karena Turki muda tumbuh dengan kuat dan rencana Mordecai Manuel Noah hanya jadi sebuah wacana.

Uganda Afrika menjadi calon daerah paling potensial

Program Uganda [image source]

Dilansir dari wikipedia, ternyata dulu Israel juga sempat mempertimbangkan mengenai salah satu daerah di Uganda sebagai cikal bakal negaranya. Bahkan pemerintah Inggris waktu itu sampai sudah mempersiapkan pemukiman untuk para warga Israel. Namun sayang Britis Uganda Program ini dinilai gagal karena satu dan beberapa alasan. Hal itu diketahui saat pihak inggris melakukan survey pada tempat yang akan ditempati. Di sana keadaan iklim sangat panas, masih banyak Singa berkeliaran serta beberapa suku Massai yang enggan menerima pendatang. Sedangkan di sisi lain, ada perbedaan pendapa dalam petinggi Israel sendiri yang membuat daerah ini tidak jadi digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *