by

Bulu Mata Jatuh ke Dalam Mata, Apakah Ini Berbahaya?

Bulu mata adalah pelindung mata yang mencegah sebagian besar partikel atau benda asing masuk ke mata. Namun, pada beberapa kondisi, bulu mata justru bisa rontok dan masuk ke mata. Pernahkah Anda mengalami ini? Apakah yang Anda rasakan saat bulu mata jatuh ke dalam mata? Apakah ini berbahaya atau tidak? Lalu bagaimana cara mengeluarkannya yang aman di rumah?

Apakah berbahaya jika bulu mata jatuh ke dalam mata?

Bulu mata adalah salah satu benda asing yang bisa masuk ke dalam mata. Ketika bulu mata jatuh ke dalam mata, kemungkinan besar akan bulu mata akan menempel di bagian kornea dan konjungtiva. Kornea adalah lapisan pelindung yang menutupi permukaan depan bola mata. Sedangkan konjungtiva adalah selaput lendir tipis yang melapisi sklera atau bagian putih mata.

Benda asing seperti bulu mata yang masuk ke dalam mata biasanya tidak masuk hingga ke balik bola mata, melainkan jatuh di permukaan ini. Nah, hal ini bisa menimbulkan goresan. Goresan ini menimbulkan kondisi iritasi yang membuat mata merah dan terasa tidak nyaman. Apalagi jika bulu mata tidak kunjung berhasil keluar, risiko iritasi pun semakin besar.

Sebenarnya secara alamiah bulu mata yang masuk ke dalam mata bisa keluar dengan sendirinya. Pasalnya, mata akan merespon benda asing yang masuk dengan memproduksi air mata. Mata terasa lebih berair dan bulu mata akhirnya bisa terdorong keluar. Namun, terkadang bulu mata juga tidak langsung keluar dengan sendirinya sehingga bersarang di mata dan bisa menimbulkan iritasi yang semakin parah, apalagi jika kondisi mata Anda sangat kering.

Gejala yang bisa ditimbulkan saat bulu mata atau benda asing lainnya masuk ke dalam mata

Dilansir dari laman Healthline, jika ada benda seperti bulu mata jatuh ke mata Anda, akan ada beberapa gejala yang bisa Anda rasakan:

  • Mata seperti ada yang mengganjal
  • Mata terasa sakit
  • Mata jadi berkedip berlebihan
  • Mata memerah
  • Rasa sakit saat melihat cahaya

floppy eyelids syndrome kelopak mata terkulai

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed