by

Cara Menjaga Keseimbangan pH Kulit

DokterSehat.Com– pH Balanced ternyata tak hanya berkaitan dengan kondisi daerah kewanitaan seseorang. Bahkan kulit kita juga memiliki kadar pH yang akan memberikan pengaruh pada kondisi kulit. Sebagaimana diketahui, kondisi pH yang ideal untuk kulit adalah 5,5. Dalam kondisi tersebut, kulit kita akan memiliki daya tahan maksimal untuk melindungi diri dari pengaruh buruk lingkungan.

kulit-cantik-doktersehatPhoto Credit: Pexels.com/ Min An

Meski demikian, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi keseimbangan pH kulit seseorang. Pengaruh usia adalah salah satu masalah besar untuk kulit beserta komponennya. Karena semakin tua seseorang, maka semakin banyak polusi, zat kurang baik, dan gangguan lain yang bisa mengancam kondisi kulit.

Jika kulit terlalu asam atau terlalu basa, maka akan timbul berbagai macam penyakit seperti dermatitis, eczema, atau rosacea. Karenanya, agar kadar pH kulit tetap terjaga, maka kita harus menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan mengatur pola diet yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh, termasuk kulit.

Selain menjaga pola makan agar tidak terlalu asam atau terlalu basa, hal cukup penting yang harus dilakukan adalah menggunakan produk kosmetik yang tepat untuk kulit. Salah satu cara adalah dengan membuktikan kadar pH dalam kosmetik yang digunakan.

Pasalnya, kosmetik yang terlalu asam akan menyebabkan kulit kering dan iritasi. Sedangkan jika terlalu basa akan memicu jerawat karena kurang mampu mengendalikan pertumbuhan bakteri. Pilihlah produk cleanser dengan pH yang mendekati angka 5 karena akan dapat menjaga kadar lapisan asam.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed