Cerita Sukadi, Nelayan Bengkulu Penemu ‘Harta Karun’ dari Muntahan Paus, Ini Perkiraan Harga Jualnya. Fantastis!

Posted on

SURATKABAR.ID – Nama Sukadi tiba-tiba saja menjadi pemberitaan di banyak media massa setelah ia menemukan sesutu yang bisa dibilang sebagai ‘harta karun’. Nelayan yang berasal dari Kabupaten Kaur, Bengkulu ini menemukan 200 kilogram bahan yang diduga merupakan muntahan Paus (Ambergris) pada Kamis (2/11/2017). Benda tersebut ditemukan Sukandi dalam kondisi mengapung di tengah Samudra Hindia.

“Awalnya saya sedang melaut bersama empat rekan. Tepatnya antara Pulau Dua dan Pulau Enggano saya melihat muntahan itu berserak di tengah laut,” kata Sukadi, seperti yang diwartakan oleh Tribunnews.com

Sukadi mengaku awalnya tak tahu menahu jika benda yang mengapung itu merupakan muntahan paus. Ia kemudian berinisiatif untuk mengecek titik koordinat menggunakan GPS. Sukadi mengira itu merupakan limbah dan ia memungutnya dengan tujuan ingin membersihkan laut.

Baca juga: Heboh Pasangan Dipaksa Buka Baju, Dipukuli, dan Diarak Massa, Inilah 6 Fakta Sebenarnya. Ternyata Tidak Berbuat Asusila!

Namun saat berda di daratan, Sukardi baru tahu jika benda yang dipungut itu merupakan muntahan paus. Sukadi tidak mengetahui benda itu bernilai fantastis. Ia tahu seteleh mengencek video di media YouTube.

“Saya baru sadar, yang saya temukan itu adalah muntahan ikan paus bernilai mahal, maka hebohlah. Kalau saya biasa saja tidak heboh, tetapi orang lain banyak yang heboh,” ujarnya.

Sampai sekarang benda yang diduga muntahan paus itu masih di simpan di rumah dan belum ada yang terjual. Namun Sukadi menyebutkan jika ada yang serius membelinya, ia akan menjualnya. Ia menyimpan sebanyak 200 kg.

“Sudah banyak yang menghubungi saya namun belum cocok harga. Saya ingin di atas Rp 22 juta per kilogramnya, minimal Rp 30 juta per kilo lah,” ujar Sukadi,

Baca juga: Saksikan Dua Pelajar Berkelahi, Emak-Emak dengan Sapu Ini Datang. Kejadian Selanjutnya Bikin Ngakak!

Sukadi menjelaskan jika warna muntahan ikan paus itu putih bercampur kekuningan. Jika dirasa seperti memegang lilin. Dan jika dipanaskan akan meleleh dan bisa digunakan untuk menghidupkan api. Beberapa sumber menyebutkan jika muntahan paus memiliki harga yang sangat mahal. Bahkan, per kilogramnya laku puluhan hingga ratusan juta.

Bisanya, ambergris ini digunakan sebagai bahan baku permbuat parfum agar lebih tahan lama. Ambergris yang terbuat dari muntahan paus di pasarann laku dijual hingga seharga Rp 200 juta/kg. Mahalnya harga bakan baku pembuat parfum ini lantaran menjadi favorit kalangan selebritis dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *