by

Efektifkah Penggunaan L-Karnitin Untuk Diet?

DokterSehat.Com– L-karnitin menjadi salah satu zat gizi yang kerap digunakan untuk menurunkan berat badan. Beberapa pedoman kesehatan juga menyebutkan bahwa l-karnitin mampu memengaruhi penurunan berat badan. Kira-kira, seberapa efektifkah penggunaan l-karnitin untuk diet penurunan berat badan?

L-karnitin bisa kita peroleh secara alami dari bahan makanan hewani. Namun untuk memperoleh manfaatnya yang maksimal, maka tentu l-karnitin dikonsumsi dalam bentuk ekstrak atau suplemen.

Umumnya suplemen l-karnitin saja bermanfaat untuk banyak kondisi medis, misalnya penyakit jantung, saraf otak hingga ginjal.

Sedangkan l-karnitin dalam suplemen penurunan berat badan biasanya dikombinasikan dengan zat lain, namun l-karnitin bisa jadi merupakan zat unggulan dalam suplemen penurunan berat badan, mengapa?

Menurut National Institute of Health (NIH), salah satu fungsi utama l-karnitin adalah membantu fungsi metabolisme sel, termasuk pemecahan (break down) sel lemak. Hal ini yang menjadikan l-karnitin banyak dilirik sebagai zat yang ampuh menurunkan berat badan melalui percepatan metabolisme sel lemak.

Lalu, apakah penggunan l-karnitin efektif untuk menurunkan berat badan?

NIH membuat rangkuman hasil dari berbagai studi terkait penurunan berat badan dengan menggunakan suplemen l-karnitin. Hasilnya penggunaan l-karnitin dalam bentuk suplemen mampu membantu menurunkan berat badan.

Namun efek penurunan berat badan yang diberikan dari penggunaan suplemen l-karnitin tidak terlalu banyak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed