Fantastis! Sabet 6 Piala Citra Sekaligus, Film ‘Night Bus’ Besutan Darius Sinathrya Kalahkan ‘Pengabdi Setan‘

Posted on

SURATKABAR.ID – Ada kejutan meriah bagi Darius Sinathrya dan kawan-kawan pada ajang Festival Film Indonesia (FFI) di kawasan kota mandiri Grand Kawanua International City, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (11/11/2017). Bersama para pemain dan kru film Night Bus, Darius tampak tak percaya ketika film mereka disebut sebagai Film Terbaik 2017; mengalahkan Pengabdi Setan di ajang prestisius yang dianggap menjadi tolok ukur perfilman tanah air ini.

Mereka berpelukan erat satu sama lain sebelum naik ke atas panggung dan menerima trofi paling bergengsi, Piala Citra Film Terbaik. Di atas pentas, Piala Citra diserahkan langsung oleh Presiden Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri.

“Saya merasa, masuk nominasi saja, bagi kami, film pertama kami Night Bus, itu sudah hal yang luar biasa,” ungkap Darius dalam pidato kemenangannya di Grand Kawanua International City, Manado, Sabtu (11/11/2017), seperti dikutip dari laman CNNIndonesia.com, Senin (13/11/2017).

Darius mengaku dirinya bangga bisa bersaing dengan film-film laris dan komersil di nominasi Film Terbaik. Pasalnya, jika hendak dibandingkan dengan empat film lainnya yang masuk nominasi Film Terbaik, boleh dibilang Night Bus  luput dari pembicaraan khalayak banyak. Keempat film lainnya yang kalah telak adalah Cek Toko SebelahKartiniPengabdi Setan, dan Posesif.

Baca juga: Misterius! Kaki Wanita Ini Selalu Keluarkan Puluhan Jarum Suntik Tajam Bertahun-tahun, Ini Kata Dokter

Tak banyak yang mengira bahwa film yang diproduseri oleh suami dari Donna Agnesia dan diarahkan oleh Emil Heradi itu akan berhasil menyabet Piala Citra.

Sebagaimana diketahui, Night Bus merupakan film berjumlah penonton paling sedikit, dengan waktu penayangan paling singkat dibanding empat film lainnya. Film yang diilis pada April lalu tersebut hanya disaksikan oleh 20 ribu penonton saja dan bertahan selama satu pekan di 105 layar bioskop besar dan mikro.

Angka itu sungguh terpaut jauh dengan Cek Toko Sebelah yang berhasil menarik 2,6 juta penonton atau bahkan Pengabdi Setan yang tayang lebih dari satu bulan dengan capaian lebih dari 4 juta pemirsa.

Sementara itu, Kartini disaksikan lebih dari 500 ribu penonton. Ada pun film Posesif yang masih tayang, sejauh ini telah menyentuh angka 200 ribu pemirsa.

Kesalahan Distribusi

Bagi Darius yang perannya penting di Night Bus, Piala Citra merupakan buah kerja keras dan juga kesalahan yang dibayar tuntas. Darius mengakui, jumlah penonton yang sedikit merupakan kesalahannya berkenaan dengan distribusi film.

“Kami ada kendala di distribusi, dari pihak kami memang, dari paskaproduksi, sehingga beberapa layar enggak bisa diputar, orang jadi tidak bisa menonton. Mudah-mudahan nanti ada kesempatan lagu buat ditonton,” ungkap Darius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *