Fitur Baru WhatsApp, Admin Grup Kini Bisa Dipecat. Bagaimana Caranya?

Posted on

SURATKABAR.ID – Terus berinovasi, WhatsApp meluncurkan fitur terbarunya. Aplikasi messenger ini akhirnya mengizinkan penggunanya untuk ‘memecat’ administator obrolan grup atau admin grup. Fitur anyar ini disebut dengan ‘Dismiss Admin’.

Dilansir dari laman republika.co.id, dengan adanya fitur terbaru ini, nantinya admin grup bisa menurunkan admin grup lain dan mengendalikan percakapan. Jika seorang admin dikenakan fitur terbaru ini, maka ia akan kehilangan semua hak istimewa adminnya. Mereka pun hanya akan menjadi anggota grup biasa saja.

Admin grup di aplikasi Whatsapp sendiri adalah seseorang yang mempunyai keistimewaan untuk menambahkan peserta ke dalam grup ataupun menghapus peserta obrolan dari grup tersebut.

Fitur Dismiss Amin ini sendiri tersedia dalam versi beta WhatsApp for Android. Sekarnag, fitur ini juga sedang dikembangkan di iOS. Untuk mengoperasikan fitur ini, jika Anda seorang admin grup WhatsApp, Anda dapat mengaksesnya hanya dengan megetuk grup info di layar ponsel Anda.

Baca Juga: Tegaskan Joshua Tidak Nistakan Islam, LBH GP Ansor Juga Bakal Lakukan Ini

Selain itu, dilansir dari kompas.com, WhatsApp memang terus mengembangkan aplikasinya dengan melihat pola pengguna. Selain fitur Dismiss Admin, sebelumnya, WhatsApp sudah menguji coba fitur ‘Restricted Groups’.

Fitur ini mencoba mengatasi masalah di mana di dalam grup WhatsApp biasanya ada banyak anggota yang berbicara di luar fokus diskusi sehingga obrolan melebar ke mana-mana. Restricted Groups ini membuat hanya admin yang bisa mengirim pesan dan anggota lainnya hanya bisa membaca pesan-pesan tersebut.

Restricted Groups mempersilakan admin mematikan fungsi chat-group. Dengan fitur ini, maka komunikasi yang ada di grup tersebut menjadi satu arah.

“Fitur ini penting ketika admin ingin semua anggota memusatkan perhatian ke satu topik yang dipilih, misalnya untuk catatan penting ketika mengorganisir suatu acara,” begitu tertulis di blog WABetaInfo, dikutip dari kompas.com.

Sumber : SuratKabar.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *