Hati-hati! Perut Buncit Bisa Meningkatkan Resiko Berbagai Penyakit ini – nulis

Posted on
man-stomach

Adalah sebuah fakta yang telah banyak diketahui bahwa lemak yang menumpuk di tubuh merupakan sumber dari berbagai macam penyakit. Namun, ada yang berbahaya lagi, yaitu jika lokasi tertimbunnya terjadi di area sekitar perut dan pinggang, hal itu adalah pertanda anda harus lebih waspada.

Lemak yang tersimpan di bagian perut dan lingkar pinggang adalah lemak visceral atau visceral fat. Selain karena posisinya yang berada di rongga perut sehingga meliputi organ-organ vital tubuh yang berada di dalamnya, seperti pankreas dan lever, lemak visceral juga memproduksi senyawa cytokine yang berbahaya.

Senyawa cytokine ini menyebabkan inflamasi dalam tubuh yang dimana akan meningkatkan risiko terjadinya kanker. Selain itu juga akan bisa meningkatkan potensi penyakit jantung koroner, dan menyebabkan resistensi tubuh terhadap insulin, yang adalah penyebab utama terjadinya diabetes melitus tipe 2.

Penyakit-Jantung-Koroner

Namun, karena letaknya di sekitar perut, maka sebenarnya lemak ini sangat mudah dideteksi. Hanya tinggal melihat perut anda buncit atau tidak? Parameternya cukup mudah, cukup lihat ukuran lingkar pinggang anda.

Mudahnya, mereka yang memiliki ukuran lingkar pinggang melebihi batas normal, atau memiliki perut yang buncit akan memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit-penyakit yang sudah disebutkan tadi. Bahkan, jika mereka yang memiliki tubuh tidak terlalu gemuk namun menyimpan lemak berlebih di pinggangnya juga memiliki resiko yang sama.

luka-kaki-asmiati

Untuk itu, cara paling sederhana agar terhindar dari diabetes dan berbagai penyakit berbahaya di atas adalah dengan mengukur lingkar pinggang Anda secara rutin. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan pita ukur.

Setelah itu lihatlah hasilnya. Menurut data dari International Diabetes Federation, lingkar pinggang rata-rata pria Asia adalah tidak melebihi 90 cm, sementara untuk wanita tidak melebihi 80 cm. Jika lingkar pinggang Anda melebihi 90 cm, maka Anda harus lebih waspada karena berisiko terkena diabetes dan penyakit serius lainnya.

Jika lingkar pinggang Anda ternyata melebihi batas normal. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengurangi ukuran lingkar pinggang Anda. Yang mana cara ini prinsipnya sama seperti jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *