by

Ini Bahayanya Jika Ortu Sering Memukul Pantat Anak

DokterSehat.Com– Banyak orang tua yang mendisiplinkan anaknya dengan memukul pantat anak. Cara ini dipilih umumnya karena memukul di bagian pantat tidak meninggalkan rasa sakit sebesar ketika memukul anggota tubuh anak lainnya. Meskipun demikian, ternyata memukul bagian pantat anak dapat berpengaruh negatif pada perkembangan anak.

doktersehat-pedofil-anak-kecilPhoto Credit: Ulisse Albiati

Efek negatif dari kebiasaan orang tua memukul pantat anak

Di beberapa negara, memukul pantat anak adalah tindakan yang ilegal. Kebiasaan memukul pantat anak memiliki dampak negatif bagi fisik dan kejiwaan anak. Dikutip dari Belly Belly, berikut ini alasan mengapa Anda harus menghilangkan kebiasaan memukul pantat anak:

1. Tidak efektif
Apa alasan Anda memukul pantat anak? Apakah karena anak berbuat kesalahan? Memukul anak ternyata tidak efektif untuk membuat anak jera dalam jangka panjang. Banyak orang tua memilih menghukum anak karena melanggar peraturan, namun kenyataannya anak yang dihukum dengan keras justru akan jadi pemberontak.

Karena anak tidak jera, maka anak akan belajar untuk menghindari Anda karena takut dihukum dan bukan karena paham akan kesalahannya. Besar kemungkinan anak masih akan melakukan kesalahannya selama tidak ketahuan oleh orang tuanya,

2. Mengajarkan kekerasan pada anak
Anak-anak banyak mencontoh sikap orang tuanya. Jika Anda mendisiplinkan anak dengan kekerasan, maka ia akan belajar bahwa kekerasan dapat menyelesaikan masalah. Anak dapat meniru cara ini dan menerapkannya ke lingkungan sekitarnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed