by

Ini Skema Persija Rebut Tiket ke Semifinal Zona ASEAN Piala AFC

Hebat Persija Jakarta. Mereka mengaum tanpa lelah, tanpa henti, terus menerus, sampai datang gol ciamik Addison Alves ketika duel mereka melawan Song Lam Nghe An (Vietnam) pada Rabu (14/3) hanya menyisakan dua menit dari lima menit jatah tambahan waktu.Benar-benar gol yang keren, gol yang menghibur, gol yang membuat Stadion GBK seakan pecah merayakan gol yang ditunggu-tunggu Jakmania selama 90 menit lebih itu.

Gol itu bermula dari bola lambung yang dilepaskan Rezaldi Hehanusa ke penalty-box Song Lam Nghe An. Ada duel Bambang Pamungkas dengan Hoang Van Khanh.Tapi bola lolos, memantul sekali dan kaki kanan Addison Alves pun melesakkannya dengan jitu. Keras, menuju sisi kanan gawang Le Quang Dai.

Sungguh gol yang mengesankan, seolah menjadi klimaks dari penantian panjang Jakmania yang terus bernyanyi sepanjang pertandingan. Gol itu juga menjadi muara dari kegelisahan Stefano ‘Teco’ Cugurra di technical-area.

Teco pada awalnya memainkan pola 4-4-2 dengan menduetkan Rudi Widodo dan Marko Simic sebagai tombak mereka, dengan Riko Simanjuntak-Ramdani Lestaluhu di sayap plus Rohit Chand dan Sandi Sute sebagai gelandang jangkar.

Semuanya menjadi efektif dan jauh lebih menggigit ketika Addison dimainkan Teco sejak menit 59, menggantikan Rohit Chand. Ketika belum juga ada gol, Teco merespon dengan memainkan Bambang Pamungkas dan Fitra Ridwan, menarik keluar Rudi Widodo dan Ramdani.

Sejak itu pula gawang Song Lam Nghe An tidak putus-putus digempur, sampai datang gol hebat, sekaligus dramatis dari Addison Alves tadi itu.Itulah kemenangan kedua Persija di fase Grup H Piala AFC 2018 ini, setelah sebelumnya menyikat Tampines Rovers 4-1.

Dari Grup H ini, tiga tim ini sekarang sama-sama punya poin 7. Tapi posisi teratas diisi Song Lam Nghe An yang unggul produktivitas gol (+3), lalu Persija (+1) di posisi kedua dan Johor Darul Takzim—yang Rabu (14/3) mengalahkan Tampines Rovers 2-1 di Larkin berada di posisi ketiga (+2).

Urutan peringkat Grup H sesuai dengan kriteria head to head AFC yang termaktub dalam pasal 10 ayat 5 regulasi kompetisi.

Maka dengan begini, dua laga sisa pada 10 dan 24 April nanti benar-benar menentukan.

Pada 10 April: Song Lam Nghe An mungkin bisa meredam tamunya, Tampines Rovers. Poinnya, dengan begitu, jadi 10.Pada 10 April juga, Persija Jakarta menjamu Johor di GBK Senayan. Kemenangan mutlak menjadi tujuan dan kalau bisa dengan margin gol besar, melebihi skor ketika Johor menjinakkan Persija 3-0 di Larkin.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed