by

Ini yang Terjadi Jika Kita Mengonsumsi Gula Terlalu Banyak

DokterSehat.Com– Makanan manis yang kaya akan gula menjadi favorit banyak orang, khususnya anak-anak. Tak percaya? kue, biskuit, dan berbagai camilan manis lainnya bisa membuat kita ketagihan dan sulit untuk berhenti mengunyahnya. Yang menjadi masalah adalah, konsumsi makanan manis dengan berlebihan ini bisa memicu datangnya berbagai penyakit berbahaya.

doktersehat-gula-manis-cokelat-food-cravingDilansir dari Health 24, ini yang akan terjadi pada tubuh jika kita terlalu banyak mengonsumsi gula atau makanan manis.

  1. Meningkatkan risiko terkena penyakit jantung

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam JAMA Internal Medicine yang dilakukan selama 15 tahun dan melibatkan 10 ribu partisipan menghasilkan fakta bahwa kerap mengonsumsi gula yang berasal dari minuman dan makanan manis akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga 2 kali lipat. Hal ini disebabkan oleh kemampuan gula dalam meningkatkan tekanan darah, trigliserida, dan peradangan pada tubuh.

  1. Tubuh akan kekurangan energi

Kerap mengonsumsi makanan dengan kadar glikemik tinggi akan membuat kita lebih mudah lemas dan kekurangan energi. Kita pun akan menjadi tidak produktif seharian. Beberapa jenis makanan yang memiliki kadar glikemik tinggi adalah keripik kentang, es krim, nasi putih, dan roti putih.

  1. Membuat perut buncit

Kerap mengonsumsi makanan manis akan membuat perut kita menjadi lebih buncit. Tak hanya membuat penampilan tubuh menjadi tak lagi menarik, penumpukan lemak dalam perut bisa memicu dampak kesehatan lain yang tidak bisa disepelekan seperti diabetes dan penyakit jantung.

  1. Memicu batu ginjal

Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Clinical Journal of the American Society of Nephrology menghasilkan fakta mengejutkan bahwa konsumsi makanan atau minuman manis yang kaya gula seperti minuman bersoda akan memicu masalah batu ginjal.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed