by

Inilah Stevia, Si Manis Alami Pengganti Gula Tanpa Kalori

DokterSehat.Com– Anda sudah pernah mendengar tentang stevia? Meskipun masih jarang terdengar, stevia ini ternyata tidak hanya cantik namanya namun juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa sajakah itu?

Stevia adalah nama umum dari ekstrak daun tanaman Stevia rabaudina. Ekstrak ini umumnya dibuat sebagai salah satu alternatif pangan yaitu sebagai pemanis makanan.

Sudah cukup banyak penelitian yang dilakukan untuk melihat apa saja kandungan dari ekstrak tanaman stevia rabaudina. Salah satunya dilakukan oleh Unevirsity of Benin Nigeria yang menunjukkan bahwa ekstrak daun stevia dapat menjadi sumber karbohidrat dan zat gizi lain, yang cukup baik.

Selain itu ekstrak daun kering stevia mengandung berbagai jenis zat fitokimia dan antioksidan seperti flavonoid, alkaloid, klrofoil, xantofil dan free sugar.

Kandungan gizi yang ada pada stevia mulai dilirik sebagai bahan pengganti gula pada makanan atau minuman kemasan. Ekstrak daun stevia sudah digunakan sebagai pemanis pada beberapa minuman bersoda, saus, saus kedelai dan yoghurt di Jepang, Korea dan Brazil.

Stevia, baik tanaman atau ekstrak dan produk jadinya, sudah dinyatakan aman oleh Food and Drug Administration (FDA). Kini stevia mulai digunakan sebagai pemanis buatan pada makanan atau minuman. Tidak jarang pula beberapa produk seperti gula atau minuman kemasan yang menjadikan stevia sebagai kandungan unggulan dalam produknya.

FDA menyebutkan bahwa penggunaan adalah berfokus pada manfaatnya untuk kesehatan. Seperti mengontrol gula darah tubuh, menjaga fungsi ginjal serta mendukung sistem kardiovaskular jantung dan reproduksi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed