by

Jangan Abaikan! 6 Poin Penting Ini Harus Dilakukan Demi Keamanan Rumah Saat Ditinggal Mudik

via piah.com

Serumpi.com – Mudik menjadi salah satu fenomena yang hanya bisa dijumpai di Indonesia. Ya, kebiasaan mudik saat menjelang lebaran Idul Fitri sudah menjadi rutinitas masyarakat di kota besar seluruh wilayah tanah air seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan masih banyak lagi.

Biasanya, para pemudik memang sengaja meninggalkan tempat mereka mencari nafkah dengan mengunjungi kampung halaman untuk berkumpul dengan sanak keluarga. Nah, secara otomatis pula rumah tempat tinggal mereka di kota banyak yang ditinggalkan.

Satu yang wajib diperhatikan ketika meninggalkan rumah saat mudik adalah keamanan rumah tersebut. Bila sedikit saja ada lengah, maka tidak menutup kemungkinan rumah akan menjadi sasaran pihak tidak bertanggung jawab saat ditinggal mudik. Lalu, seperti apa tips untuk membuat rumah aman selama mudik? Berikut beberapa tipsnya.

1. Kroscek Kunci

via bukapalak.com

Kroscek kembali kunci rumah, kunci kamar, jendela maupun garasi. Perhatikan semua sudah terkunci dengan baik.

2. Pengaman Ganda

via rokhmad.com

Kunci tambahan atau kamera cctv bisa juga menjadi pengaman kedua bagi rumah. Tambahkan alat pengaman semacam ini di tempat yang menurutmu strategis.

3. Aliran Listrik dan Semacamnya

via gedubar.com

Putuskan aliran listrik yang sekiranya tidak diperlukan, mulai dari televisi, kulkas, dan sebagainya. Jangan lupa untuk cek gas kompor di rumah ya! Alangkah baiknya dicabut saja selang gas yang menempel pada tabung gas.

4. Barang Berharga

via kumparan.com

Usahakan untuk menyimpan barang berharga atau membawanya saat bepergian. Hindari meninggalkan barang berharga seperti perhiasan, uang, atau sertifikat tertentu di rumah saat mudik. Boleh dititipkan pada orang yang dipercaya atau disimpan sementara di bank.

5. Lampu Depan

via carapraktis.info

Lebih baik untuk membiarkan lampu bagian depan rumah dalam keadaan menyala. Ini untuk menyiasati agar rumah tidak terlihat kosong tanpa penghuni.

6. Laporkan

via piah.com

Sebelum memutuskan untuk berangkat, hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah melaporkan kepada RT atau tetangga bila rumah dalam keadaan kosong. Hal ini juga bisa dilakukan dengan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed