Jangan Beli Smartphone pada Awal Perilisannya. Ini Alasannya !

Posted on

Tidak menutup kemungkinan, setiap tahun bahkan dalam rentang bulan produsen smartphone kembali memperkenalkan smartphone terbarunya. im…

Tidak menutup kemungkinan, setiap tahun bahkan dalam rentang bulan produsen smartphone kembali memperkenalkan smartphone terbarunya.

image source lemoot

Baca juga 10 Trik Rahasia AndroidSiapa sih yang nggak sabar untuk memiliki smartphone terbaru? Merasakan pengalaman terbaik lebih awal tentu menjadi kebanggakan tersendiri bukan?. Sebagai calon pembeli dan pengguna, kita wajib teliti dalam memilih smartphone. Jangan sampai membuat keputusan yang keliru dengan membeli smartphone yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita.

wajib hukumnya bagi calon pembeli untuk melakukan riset guna mengetahui spesifikasi, fitur unggulan, hingga harga dari sebuah smartphone yang tengah diincar.

Baca juga 5 Bahaya Menggunakan Smartphone dengan Layar Pecah

Berikut Alasan Jangan Beli Smartphone pada Awal Perilisannya

1. Permasalahan di Perangkat Keras (Hardware) Smartphone


Tidak bisa dipungkiri, penyebab Samsung Galaxy Note 7 meledak merupakan masalah hardware yaitu di bagian baterai. Ada lagi kasus terbaru yaitu Google Pixel 2 XL. Menurut para reviewer di luar negeri, smartphone ini mempunyai beberapa masalah di bagian layar. Mereka mengatakan kurangnya sensitivitas, burn-in di layar dan tampilan gambar yang kurang bagus.
Walaupun produsen terkait telah berjanji untuk memperbaiki masalah tersebut. Namun akan jauh lebih baik, jika kita memiliki perangkat yang sempurna tanpa perbaikan terlebih dulu kan?

2. Permasalahan di Perangkat Lunak (Software) Smartphone


Bukan hanya hardware saja yang bisa bermasalah, software pun dapat menjadi masalah untuk para konsumennya. Mari kita membahas Bixby yang ada di Galaxy S8, Bixby merupakan virtual assistant milik Samsung yang sangat ditunggu-tunggu oleh para konsumennya di seluruh penjuru dunia. Tetapi apa ya terjadi?
Di awal peluncurannya Bixby hanya tersedia di Korea dan memerlukan banyak waktu sampai berbulan-bulan untuk versi internasionalnya. Walaupun pada akhirnya pengguna Galaxy S8 dapat menikmati Bixby, para konsumen telah terlanjur kecewa kepada Samsung. Lebih parahnya, ketika Bixby sudah tersedia untuk versi internasional harga Galaxy S8 telah turun dari harga awalnya.

3. Harga Turun Drastis di Bulan Berikutnya


Turun harga merupakan salah satu risiko yang harus kamu ambil jika membeli smartphone di awal bulan. Bahkan beberapa tipe smartphone mengalami penurunan harga secara signifikan, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
Jadi, pikirkanlah baik-baik jika kamu ingin membeli smartphone baru ya. Jangan sampai kamu menyesal di bulan berikutnya karena harganya yang telah turun secara drastis.

4. Awal Bulan Merupakan Proses Uji Coba Perangkat


Seperti yang kita tahu, setiap smartphone pasti telah diuji dan diteliti sedemikian rupa oleh para produsen sebelum mereka menjualnya. Namun, kita tidak tahu keadaan yang akan terjadi setelah smartphone dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Dan kekurangan tersebut biasanya akan terlihat di bulan pertama pasca-peluncuran smartphone itu sendiri.
Mungkin ada yang berpendapat, “kan sudah diuji oleh para reviewer smartphone?”. Perlu kamu tahu, kekurangan smartphone baru biasanya tidak bisa kamu dilihat di hari pertama, kedua, bahkan 1 minggu setelahnya. Lihatlah setelah pemakaian 1 bulan, jika smartphone tersebut masih terlihat baik, maka tandanya ponsel tersebut mempunyai kualitas yang bagus dan sebaliknya.

5. Jangan Tergoda Tren Smartphone Baru


Kebanyakan dari kita memang sangat mudah tergoda dengan tren, apalagi jika ada smartphone dengan teknologi terbaru. Keinginan untuk memiliki smartphone baru pun menjadi sangat besar. Jika kamu bimbang mau membeli atau nggak, cobalah kamu lihat sejarah dari merek ponsel tersebut, terlebih lagi sejarah harganya.Baca juga 5 Ancaman Mengerikan di Dunia IT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *