by

Kandungan Bahan yang Harus Ada pada Kulit Berjerawat

DokterSehat.Com– Mengatasi jerawat tentu tidak boleh sembarangan. Anda juga harus mengetahui jenis-jenis obat yang bagaimana yang ampuh mengusir jerawat. Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan obat khusus jerawat, baik kapsul mau pun salep, tidak ada salahnya untuk mengetahui sejumlah bahan aktif berikut yang ampuh menyembuhkan dan mencegah jerawat datang kembali.

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

1. AHA

AHA atau alpha hydroxyl acid merupakan salah satu bahan yang dapat meluruhkan tumpukan sel kulit mati. Dilansir dari laman Everyday Health, AHA merupakan bahan anti jerawat yang mencegah penyumbatan pori-pori. Tidak hanya itu saja, obat yang mengandung AHA juga menjadikan kulit terasa lebih lembut dan halus.

2. Benzoyl Peroxide

Bahan anti jerawat lain yang ampuh adalah benzoyl peroxide. Enzoyl peroxide dapat menyerap minyak berlebih sekaligus membersihkan kulit dari tumpukan sel kulit mati. Tidak heran jika bahan satu ini kerap ditambahkan pada salep anti jerawat.

3. Clay

Clay atau tanah liat rupanya juga menjadi salah satu bahan anti jerawat. Sebagai tambahan informasi, clay mengandung bahan yang mampu menenangkan kulit dan mencegah jerawat semakin meradang. Tidak heran jika sejumlah masker khusus kulit oily dan acne-prone dilengkapi dengan bahan satu ini. Clay juga ampuh dalam menyerap produksi sebum berlebih yang menjadi pemicu utama jerawat.

4. Salicylic Acid

Anda juga dapat menggunakan obat khusus jerawat yang mengandung salicylic acid. Salicylic acid merupakan bahan yang mampu menjaga pori-pori tetap bersih. Bahkan, salicylic acid mengeksfoliasi kulit dari dalam folikel rambut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed