by

Kasihan, Kembar Siam Ini Tergabung Kepalanya

DokterSehat.Com– Chiara dan Charina Nortega terlahir dengan kondisi craniopagus. Hal ini berarti, kembar siam ini tergabung di tengkorak kepalanya. Kondisi ini sangat langka karena hanya terjadi hanya pada 10-20 bayi dari 1 juta kelahiran.

Photo: SWNS/The Sun

Dikutip dari The Sun, kembar siam ini tinggal di Palawan, Filipina. Tak hanya tergabung tengkorak kepalanya, keduanya juga berbagi pembuluh darah arteri yang menyuplai darah ke otak. Hal ini membuat operasi untuk memisahkan keduanya sangat berisiko dan bisa saja membuat salah satu dari keduanya meninggal dunia. Meskipun begitu, orang tua keduanya berharap kembar ini bisa dipisahkan karena kondisi ini sangat menghambat aktivitas keduanya.

Sonia, ibu dari kedua kembar ini menyebutkan bahwa Ia dan suaminya sudah beberapa kali melakukan prosedur medis seperti pemindaian dengan MRI dan CT Scan. Sayangnya, hal ini justru menunjukkan bahwa operasi pemisahan sangat berisiko bagi keduanya.

Meski tahu bahwa bisa jadi Ia akan kehilangan salah satu buah hatinya, Sonia berharap ada ahli bedah yang mampu memisahkan keduanya dan membuat keduanya bisa hidup normal. Sayangnya, biaya untuk operasi ini sangatlah mahal, yakni sekitar 85.000 Poundsterling atau lebih dari Rp 1,6 miliar. Padahal, sang ayah, Arnel, hanya mendapatkan 5 Poundsterling atau kurang dari Rp 100.000 per hari.

Tahu bahwa pendapatannya tidak akan cukup untuk biaya operasi meski sudah bekerja siang dan malam, Arnel pun berusaha untuk melakukan penggalangan dana.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed