by

Kebiasaan yang Dapat Membuat Anda Mengalami Kerontokan Rambut

penyebab-rambut-rontok-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Rambut rontok merupakan masalah rambut yang sering kali membuat banyak orang merasa kesal. Rambut rontok bisa terjadi karena masalah kesehatan, namun, beberapa kebiasaan buruk juga dapat memicu kondisi ini. Berikut ini beberapa kebiasaan yang dimaksud:

1. Mandi dengan air panas

Air panas dapat menyebabkan kulit dan batang rambut mengalami dehidrasi. Akibatnya, rambut menjadi kering, mudah patah dan rontok. Air panas menghilangkan minyak pelindung alami pada rambut, selain itu panas juga membuat pori-pori rambut menghasilkan minyak berlebih sehingga membuat akar rambut menjadi rusak.

2. Diet yang tidak sehat

Diet yang tidak sehat dengan mengurangi makanan secara berlebihan merupakan salah satu penyebab lain yang membuat rambut mengalami kerontokan. Diet semacam ini membuat tubuh mengarahkan energi yang dihasilkan ke fungsi yang lebih penting seperti kerja jantung dan otak, daripada fungsi lain seperti membuat rambut baru. Bahkan, salah satu diagnosa anoreksia adalah kerontokan rambut parah. Makanlah makanan yang mengandung protein untuk menjaga agar rambut tumbuh dengan baik dan sehat.

3. Mengikat rambut terlalu kencang

Mengikat rambut terlalu kencang membuat folikel rambut mengalami tekanan yang berlebiha. Akibatnya, folikel rambut mengalami kerusakan dan bekas luka yang dapat membuatnya rusak secara permanen.

4. Terlalu sering menggaruk kepala

Kebiasaan menggaruk kepala dapat menimbulkan masalah kerontokan rambut. Hal ini karena ketika kutikel mengalami kerusakan akibat gesekan karena menggaruk kepala, serta pada rambut akan lebih rentan mengalami kerusakan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed