La Nyalla Mengaku Dimintai Rp 40 Miliar, Sandiaga Bela Prabowo Begini

Posted on

SURATKABAR.ID – Kader Gerindra La Nyalla Mattalitti, mengaku diminta mahar sebesar Rp 40 miliar oleh Prabowo Subianto terkait pencalonannya sebagai Gubernur Jawa Timur.

Menurut La Nyalla, ia mendapatkan surat yang isinya diminta mencari koalisi dan kelengkapan kemenangan, berupa uang Rp 40 miliar.

“Saya dimintai uang Rp 40 miliar. Uang saksi disuruh serahkan tanggal 20 Desember 2017, kalau tidak bisa saya tidak akan direkomendasi,” akunya, Kamis (11/1/2018), dilansir kompas.com.

Namun, pengakuan ini langsung dibantah oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Dalam keterangannya, Sandiaga mengungkapkan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra tersebut tak pernah meminta mahar kepada calon yang diusung.

Baca juga: La Nyalla Beberkan Kronologi Dirinya Dimintai Prabowo Uang Rp 40 Miliar

Hal ini juga bisa dibuktikan ketika Gerindra mengusung Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dalam Pilkada DKI 2012 silam. Begitu pula ketika Prabowo mengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pilkada DKI 2017.

“Enggak ada (mahar), enggak ada sama sekali. Pak Prabowo sangat profesional. Itu sudah dibuktikan waktu mencalonkan Pak Jokowi dan Pak Ahok, waktu saya dan Mas Anies juga sama,” tegas Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Terkait hal itu, Sandiaga menerangkan bahwa setiap kontestasi politik tentu membutuhkan biaya. Sandiaga juga terang-terangan menyebutkan bahwa untuk Pilkada DKI 2017, pihaknya menggunakan dana lebih dari Rp 100 miliar.

“Memang kalau politik itu berbiaya. Kemarin kami menghabiskan lebih dari Rp 100 miliar. Jadi, itu yang diinginkan sebetulnya oleh Gerindra. Jangan sampai nanti kami sudah mencalonkan, enggak memiliki pendanaan,” lanjutnya.

Sandiaga mengaku, sebelum diusung sebagai calon wakil gubernur dalam Pilkada DKI, ia telah meyakinkan pada Prabowo bahwa dirinya memiliki ongkos politik. Oleh karena itu, Prabowo setuju untuk mengusung dia dan Anies.

Baca juga: Tuduh Prabowo Soal Rp 40 Miliar, La Nyalla: Saya Berani Sumpah Pocong

“Saya waktu itu bisa meyakinkan Pak Prabowo dan itu semua (dana) kami laporkan secara transparan, diaudit, dilaporkan ke KPK juga,” katanya.

Bukan cuma dia dan Anies, menurutnya bakal calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said dan bakal calon gubernur Jawa Barat Mayjen (Purn) Sudrajat juga merasakan hal serupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *