by

Makan Pisang Bisa Menurunkan Tekanan Darah?

DokterSehat.Com– Salah satu buah yang digemari oleh banyak orang di Indonesia adalah pisang. Buah berwarna kuning keemasan ini memang mudah untuk ditemukan di berbagai tempat dengan harga yang murah. Tak hanya itu, buah yang bisa mengenyangkan perut ini juga kaya akan manfaat kesehatan.

Selain kerap dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet, buah pisang ternyata juga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita masalah tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan potasium dan vitamin di dalam pisang yang bisa menurunkan tekanan darah tubuh dengan signifikan. Bahkan, menurut pakar kesehatan, makan satu atau dua buah pisang sudah cukup untuk menurunkan tekanan darah.

Dengan tekanan darah yang lebih terkendali, maka kesehatan jantung dan pembuluh darah akan terjaga dengan lebih baik. Selain itu, kandungan di dalam pisang seperti serat, kalium, vitamin C dan vitamin B6 juga disebut-sebut bisa membuat jantung semakin sehat.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari mengonsumsi buah pisang adalah mampu menurunkan asma. Fakta ini terungkap dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari The Imperial College of London. Dari penelitian ini, ditemukan fakta bahwa anak yang rutin mengonsumsi pisang satu buah dalam sehari akan menurunkan risiko terkena asma hingga 34 persen lebih rendah.

Pisang juga dikenal luas sebagai buah yang sangat baik untuk dikonsumsi saat kita sedang mengalami gangguan pencernaan seperti diare. Menurut pakar kesehatan, dengan mengonsumsi kombinasi makanan seperti pisang, nasi, roti panggang, dan saus apel, maka kita pun bisa mengobati diare secara alami dengan efektif.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed