by

Manfaat Teh Jahe Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Apakah Anda penggemar minuman teh? Teh memang telah menjadi minuman favorit banyak orang, selain itu teh juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan ternyata manfaat tersebut akan semakin meningkat jika kita menambahkan jahe pada teh.

doktersehat-teh-rosemary-peppermint-daya-ingat-serai-jahe-masuk-angin-cedera-ototSeperti yang kita ketahui teh memiliki kandungan anti-oksidan sedangkan jahe memiliki kandungan fitonutrien. Hal tersebut yang membuat teh dengan tambahan jahe bisa bermanfaat untuk tubuh.

Beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dengan mengonsumsi teh jahe adalah:

  1. Baik untuk kesehatan pencernaan

  2. Komponen kimia yang ada pada jahe mampu memberikan rasa nyaman pada pencernaan, mampu mengatasi gangguan pencernaan misalnya mual muntah hingga mengurangi peradangan di pencernaan. Selain itu rasa hangat dari jahe yang dicampurkan pada teh merupakan sensasi khas yang bisa dirasakan.

  3. Menurunkan tekanan darah

  4. Dilansir dari Livestrong jahe terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga hal ini tentu baik untuk kesehatan tubuh. Kondisi tersebut disebabkan adanya kandungan salisilat pada jahe yang mampu menurunkan tekanan darah

  5. Mengurangi rasa sakit pada tulang dan otot

  6. Healthline menyebutkan orang yang mengonsumsi teh jahe menyebutkan bahwa rasa sakit atau peradangan pada persendian dan ototnya berkurang hingga membaik dengan mengonsumsi teh jahe.

Meskipun ada cukup banyak manfaat dari konsumsi teh jahe, beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa konsumsi teh jahe pada beberapa kondisi misalnya ibu hamil, atau orang yang sedang mengonsumsi obat tertentu harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini untuk menghindari agar konsumsi jahe pada teh tidak menyebabkan gangguan atau interaksi dengan obat.

Selain itu, penggunaan jahe pada teh tidak dianjurkan berlebihan, dalam satu porsi penggunaan teh sebaiknya maksimal 4 gram atau setara dengan setengah sendok makan jahe bubuk. Selain itu penggunaan teh jahe dari air rendaman jahe segar lebih dianjurkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed