by

Memelihara Ayam Ternyata Bisa Memberikan Manfaat Ini

DokterSehat.Com– Masyarakat di kawasan pedesaan biasanya memelihara ayam di pekarangan rumahnya atau sengaja melepasnya untuk mencari makan sendiri. Biasanya, ayam-ayam ini akan disembelih saat hari raya atau memang sengaja dijadikan peliharaan untuk mengisi waktu. Yang tidak disangka adalah, memelihara ayam ternyata juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, lo.

doktersehat-ayam-flu-burung-h5n1Dikutip dari Health Line, dengan memelihara ayam, maka kita akan lebih mudah untuk membuang sisa bahan makanan dari dapur, mendapatkan pupuk dari kotorannya yang bisa membuat tanaman di sekitar rumah lebih subur, menyediakan bahan makanan sehat seperti daging ayam atau telur, dan mencegah datangnya hama.

Centers for Disease Control and Prevention, Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat menyebutkan bahwa memiliki peliharaan, termasuk memelihara ayam, bisa membantu menurunkan tekanan darah, menjaga kadar kolesterol dan trigliserida tetap normal, membantu tubuh banyak bergerak, dan bisa membuat seseorang lebih baik dalam bersosialisasi.

Memberi makan ayam atau bermain-main dengan hewan unggas ini bisa membuat kita tidak hanya terpaku pada televisi atau ponsel untuk mencari hiburan. Selain itu, jika kita melakukannya bersama dengan keluarga atau orang-orang di lingkungan sekitar, maka kita akan bersosialisasi dengan baik dan akhirnya tidak mudah terkena masalah kesehatan mental.

Memelihara ayam di pekarangan “memaksa” kita untuk melakukan kegiatan di luar rumah setiap hari, khususnya untuk mengganti makanan dan minumannya atau membersihkan kotorannya. Badan akan banyak bergerak dan kita pun akan mendapatkan manfaat kesehatan yang seperti yang kita dapatkan jika rutin berolahraga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed