by

Mengenal Fascia dan Cara membentuknya

DokterSehat.Com– Bagi seorang pegiat kebugaran, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya fascia. Namun, tidak semua orang mengetahui apa itu fascia.  Ya, dalam dunia kebugaran, khususnya fitnes, fascia sangat penting untuk diketahui sebab bagian ini adalah salah satu bagian yang cukup penting dalam membentuk otot badan. Jadi, Fascia adalah jaringan penghubung dan penyusun kolagen yang letaknya berada di bawah kulit.

fascia-doktersehatPhoto Credit : pexels.com

Fungsi utama fascia adalah sebagai pembungkus, pelekat, serta pemisah antara otot-otot serta organ-organ internal. Untuk lebih mudah, banyak orang menyebutnya sebagai connective tissue (selaput otot). Fascia sendiri terletak di mana-mana, mulai dari tendon, ligament, dan organ. Fascia membantu tubuh untuk menyelimuti otot sehingga gerakan tubuh kita menjadi lebih luwes dan tidak patah-patah layaknya robot.

Nah, melatih fascia dalam dunia kebugaran sangat penting. Sebab, fascia yang bugar dan terlatih akan membuat tubuh Anda menjadi lebih prima serta awet muda. Hal tersebut dikarenakan sel-sel pada tubuh Anda bergenerasi lebih baik. Terlebih fascia sendiri terbentuk atas sel dan air, jadi kehadirannya sangat berguna bagi kebugaran tubuh Anda.

Selain itu, melatih fascia juga diklaim mampu memberikan efek rileks pada otak. Hal itu dikarenakan fascia juga berperan sebagai penghubung jaringan yang terdapat di otot, syaraf, bahkan di persiteum. Sampai saat ini, cara melatih fascia yang populer adalah dengan pilates atau gerakan yoga. Hampir semua gerakan yoga memberikan efek baik bagi perkembangan fascia. Bahkan, beberapa teknik terapi pun melakukan metode latihan pada fascia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed