by

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling

DokterSehat.Com– Menjelang perisapan anak masuk sekolah, banyak orang tua yang masih bingung menentukan sekolah untuk anak. Saat ini pilihan sekolah bagi anak lebih beragam, termasuk pilihan untuk homeschooling.

doktersehat-anak-belajar-stres

Apa itu homeschooling?

Homeschooling adalah sebuah pendidikan formal bagi anak yang dilakukan di rumah. Homeschooling bisa dilakukan oleh anak-anak yang kesulitan mendapat pendidikan di sekolah formal seperti sedang sakit, berada di pedalaman, atau memiliki kesibukan lain sehingga tidak bisa mengikuti jadwal belajar di sekolah dengan baik.

Kurikulum homeschooling pun disesuaikan dengan tingkat yang dipilih, misalnya SD, SMP atau SMA. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir anaknya tidak bisa mengimbangi pendidikan di sekolah formal.

Ada beberapa jenis homeschooling, yaitu:
1. Homeschooling tunggal, yaitu homeshcooling yang dilaksanakan pada satu keluarga saja dan tidak bergabung dengan keluarga lain.
2. Homeschooling majemuk, yaitu homeschooling yang dilaksanakan oleh beberapa keluarga.
3. Komunitas homeschooling , yaitu gabungan dari homeschooling majemuk dan mengatur sendiri silabus dan kegiatan pokok sekolah.

Kelebihan dan kekurangan homeschooling

Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai homeschooling, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari homeschooling:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed