by

Mengenal Keseimbangan pH dan Pengaruhnya pada Kulit

DokterSehat.Com– Selama ini, istilah pH atau keasaman memang sering terdengar oleh telinga kita. Hal ini berkaitan dengan berbagai produk kosmetika atau kesehatan yang beredar di pasaran. PH Balanced, atau keseimbangan pH menjadi tolok ukur sebuah produk, padahal banyak dari masyarakat kita yang bahkan tidak mengerti apa yang dimaksud dengan istilah tersebut.

kulit-sehat-doktersehatPhoto Credit: Pexels.com/ Min An

PH atau derajat keasaman biasa diukur dengan skala 1-14. Semakin sedikit skalanya, maka tingkat keasaman akan semakin tinggi. Sebaliknya, semakin tinggi pH, makan sifatnya semakin basa. Jika biasanya kita menghubungkan keseimbangan pH dengan kondisi organ kewanitaan, nyatanya pH juga berkaitan dengan kemampuan kulit mempertahankan diri.

Sebagaimana diulas oleh Skin Care RX, kulit kita ternyata juga memiliki level keasaman, yang tentunya akan menentukan kondisi kulit. Kulit memiliki lapisan tipis di bagian permukaan, dan biasa dikenal dengan lapisan asam. Lapisan ini terbuat dari sebum (asam bebas lemak) yang berasal dari kelenjar sebasea.

Lapisan asam ini bercampur dengan asam amino dan laktosa dari keringat untuk membentuk pH kulit. Jika pH netral biasanya berada di angka 7, maka pH yang ideal untuk kulit adalah 5,5. Pada level ini, kulit memiliki kondisi yang dianggap sempurna untuk mempertahankan diri dari berbagai faktor jahat dari luar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed