by

Meski Sudah 81 Tahun, Nenek Ini Bisa Berlari 7 Km Setiap Hari!

DokterSehat.Com– Pan Shiu-Yu menolak anjuran dokter untuk melakukan operasi lutut saat usianya masih 50-an. Setelahnya, nenek asal Taiwan ini rutin berolahraga demi memperkuat lututnya. Kini, Ia semakin bugar dan bahkan bisa berlari hingga 7 km setiap hari!

Photo Source: Channel News Asia

Dikutip dari Channel News Asia, saat usianya masih muda, nenek Pan bisa berlari sejauh 100 meter hanya dalam waktu 13 tahun. Kini, saat usianya sudah 81 tahun, kondisi tubuhnya jauh lebih bugar dari kebanyakan orang dengan usia 40-an. Bagaimana tidak, nenek Pan terbiasa mendaki gunung, bersepeda, bermain tenis, dan bahkan memegang rekor untuk 11 nomor atletik seperti lompat jauh, triple jump, dan lari 100 meter untuk kelompok usia 60 tahun, 70 tahun, dan 80 tahun.

Setiap hari, nenek Pan bangun pukul 4.30 pagi. Setelahnya, Ia bersiap untuk bekerja di Senior Citizens’ Centre. Alih-alih memakai bus atau kereta, nenek Pan memilih untuk bersepeda menuju tempatnya bermain tenis pukul 6.00 pagi. Setelahnya, Ia terbiasa berlari sejauh 7 km tak peduli apakah cuaca sedang panas ataupun hujan.

Saat masih anak-anak, nenek Pan yang memang sudah ‘gila’ olahraga menarik perhatian guru sekolahnya. Saat sedang berolahraga tanpa alas kaki, sang guru sadar jika telapak kaki Pan menandakan bahwa Ia adalah seorang pelari cepat. Sejak itulah Ia dilatih untuk berlari dan semakin jatuh cinta pada olahraga tersebut.

Meski sempat memenangi berbagai kejuaraan atletik di usia muda, Pan terpaksa menyudahi karir atletiknya setelah menikah dan memiliki anak di usia 22. Namun, semua ini berubah tatkala Ia mengalami sakit lutut di usia 50-an. Masalah kesehatan ini disebabkan oleh gangguan pada ligamen lututnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed