by

Miliki Senyuman Manis Memesona Dengan 7 Trik Mudah Ini

Senyum merupakan salah satu hal sederhana yang pertama kali diamati orang lain dari diri Anda. Maka dari itu, banyak orang mendambakan punya senyuman manis. Pasalnya, hal ini dapat membuat rasa percaya diri seseorang meningkat.

Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan senyuman manis. Asal Anda tahu beberapa kunci pentingnya. Apa saja?

Trik memiliki senyuman manis yang memesona

1. Rutin sikat gigi

sikat gigi saat puasa

Jangan sepelekan kebiasaan yang satu ini. Dilansir dari laman Healthline, rajin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari akan membuat gigi menjadi lebih putih dan sehat dibandingkan dengan orang yang jarang menyikat gigi. Sebab plak yang mengeras akibat jarang menggosok gigi akan menumpuk sehingga mulut jadi terasa kurang nyaman. Kalau begini, Anda sendiri pun akan susah memberikan senyuman manis yang alami.

Menurut drg. Mazen Natour, seorang prosthodontist dari New York, teknik menyikat gigi yang salah seperti menggosok terlalu keras dan penuh tekanan dapat merusak lapisan email gigi dan lapisan dentin. Alhasil, warna gigi malah menjadi kekuningan.

2. Gunakan sikat gigi dengan kualitas yang baik

bentuk dan fungsi sikat gigi

Menyikat gigi dengan rutin sebaiknya diiringi dengan menggunakan sikat gigi yang memiliki kualitas baik. Saat ini sudah banyak dipasarkan berbagai macam sikat gigi yang dilengkapi dengan bulu yang lembut maupun gagang yang nyaman digenggam. Tujuannya untuk memudahkan penggunaannya serta memaksimalkan hasil saat menyikat gigi. Nah, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan keadaan gigi dan mulut.

3. Flossing gigi

Flossing merupakan metode dalam membersihkan gigi dengan menggunakan benang tipis khusus yang diselipkan di antara gigi. Fungsinya untuk membersihkan plak di antara gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Anda bisa menggunakannya setiap hari untuk membantu mencegah kerusakan gigi dan ginggivitis. Sebab jika dibiarkan terus-menerus, maka plak dan karang gigi akan menumpuk di bawah gusi yang akhirnya menyebabkan penyakit periodontitis (infeksi gusi parah yang disertai dengan kerusakan tulang).

Tak hanya itu, plak yang menumpuk pada sela-sela gigi akan terlihat dengan jelas saat Anda tersenyum atau tertawa. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Untuk itu, cobalah sesekali melakukan flossing gigi dengan cara menyapukan benang tipis khusus gigi ke arah atas bawah secara bergantian di setiap permukaan gigi. Tujuannya untuk membuang kotoran yang tersisa di gigi.

4. Berhenti merokok

merokok saat buka puasa

Perokok memiliki warna gigi yang lebih kuning dibandingkan orang yang tidak merokok. Hal ini terjadi karena kandungan nikotin dan tar pada tembakau. Meskipun kadang noda yang diakibatkan dari rokok masih bisa dibersihkan dengan rajin gosok gigi, pada beberapa kasus noda ini meresap ke dalam gigi hingga menempel pada email gigi. Pada perokok berat, warna gigi akan terlihat kecokelatan bahkan menghitam setelah bertahun-tahun merokok.

Selain itu, dilansir dari laman WebMD, merokok juga bisa merusak kesehatan gusi Anda yang akan memengaruhi tulang serta jaringan lunak di sekitar gigi. Lebih khususnya lagi, kondisi ini bisa mengganggu fungsi normal sel-sel pada gusi yang secara langsung akan mengganggu penampilan Anda. Maka jika Anda menginginkan senyuman manis yang sehat hentikan kebiasaan merokok secara perlahan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed