by

Pacaran Atau Menikah Lama Bikin Cinta Memudar Ternyata Cuma Mitos!

Buat Anda yang sudah menjalin hubungan cukup lama dengan pasangan, pasti sudah sering dengar komentar, “Nggak bosan, tuh?”. Setelah menjalin hubungan asmara dalam waktu yang lama, sensasi cinta yang menggebu-gebu memang akan terasa menurun, tak seperti di awal ketika Anda pertama kali berkenalan. Namun, apa benar cinta memudar seiring berjalannya waktu?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ternyata kualitas dari suatu hubunganlah yang dapat mempengaruhi kadar cinta itu sendiri, bukan singkat atau lamanya hubungan asmara. Hubungan asmara yang tidak disertai obsesi justru membawa kepuasan dan rasa mencintai, bahkan untuk hubungan dalam jangka panjang. Bahkan berdasarkan riset yang dilakukan terhadap pasangan yang hidup bahagia, semakin lama hubungan mereka, ternyata semakin tinggi rasa kasih sayang dan komitmen antara pasangan.

Riset juga dilakukan pada pasangan yang berpisah dan ternyata didapatkan fakta yang sangat mengejutkan, bahwa memang terdapat penurunan dalam hal kepuasan dan komitmen, tapi tidak dalam hal kadar cinta (walaupun memutuskan untuk berpisah, ternyata kadar cinta mereka tetap sama).

Lamanya hubungan tidak bisa jadi satu-satunya tolak ukur

Suatu hubungan harus didasari oleh kasih sayang antara kedua belah pihak. Bila hanya salah satu pihak saja yang mendominasi atau hanya salah satu pihak yang mengusahakan hubungan tersebut, maka tentu hubungan tersebut tidak dapat berkembang. Jadi sebenarnya seberapa lama Anda sudah menjalin hubungan tidak begitu berpengaruh, asalkan dari kedua pihak sama-sama berkomitmen untuk saling mendukung.

Selain itu, kurangnya rasa saling menghargai dan rendahnya rasa percaya terhadap pasangan bisa membuat rasa cinta memudar.

Adanya masalah-masalah dalam hubungan yang tidak diselesaikan dengan baik tentu juga memengaruhi kadar cinta. Misalnya jika setiap ada masalah Anda justru ngambek dan tidak mau membicarakannya, hanya berharap pasangan mengerti maksud dan isi pikiran Anda. Hal ini tentu tidak akan menghasilkan jalan keluar, hanya bikin frustrasi sehingga lama-lama cinta memudar.

Pada intinya, banyak sekali faktor yang memengaruhi kadar cinta seseorang terhadap pasangannya. Maka, sudah lama menjalin hubungan tidak serta-merta membuat cinta memudar begitu saja. Pasti ada faktor lainnya yang perlu Anda pikirkan dan bicarakan dengan pasangan.

Bagaimana cara mempertahankan cinta kalau sudah lama menjalin hubungan?

Kunci untuk mempertahankan cinta, terutama jika Anda sudah menjalin hubungan asmara cukup lama, adalah dengan menjaga rasa percaya kepada pasangan dan juga rasa percaya diri. Kedua hal ini dapat menghasilkan perasaan tenang dan tidak membuat Anda diliputi kecemburuan dan kekhawatiran akan terjadinya selingkuh atau hal-hal lain yang mungkin dilakukan oleh pasangan Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed