by

Pengidap Tunanetra Hanya Melihat Warna Hitam?

Doktersehat-Mata Belek
Photo Credit: Flickr.com/ photograph-e

DokterSehat.Com– Karena tak mampu melihat, banyak orang yang bertanya-tanya seperti apa yang dilihat oleh pengidap tunanetra. Kebanyakan berpikir jika penderita tunanetra hanya bisa melihat warna hitam. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa jenis tunanetra. Ada yang benar-benar mengalami kebutaan secara total, namun ada pula yang mengalami low-vision, masih mampu melihat namun dengan kemampuan yang rendah atau bisa disebut sebagai hampir buta.

Bagi mereka yang memang sudah mengalami kebutaan sejak lahir, maka mereka tentu tidak bisa melihat apa-apa karena memang tidak pernah memiliki pengalaman tentang seperti apa rupa berbagai hal yang ada di dunia. Sebagai contoh, jika kita menutup salah satu mata kita, maka mata yang kita tutup ini tidak mampu melihat apa-apa, termasuk warna hitam. Seperti itulah yang mereka rasakan setiap hari.

Hanya saja, bagi mereka yang sempat memiliki penglihatan normal namun kemudian mengalami kebutaan karena kondisi tertentu, maka mereka akan merasakan sensasi seperti berada di ruangan yang sangat gelap setiap hari. Namun, ada sebagian penyandang tunanetra yang masih melihat bayangan dari memori saat mereka masih bisa melihat dan merasakan arah datangnya cahaya meskipun tidak selalu jelas. Sementara itu, penderita low-vision masih bisa melihat obyek atau warna meskipun sangat kabur dan tidak jelas.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed