by

Penyebab Lidah Putih pada Bayi dan Cara Mengatasinya

DokterSehat.Com– Lidah bayi setelah menyusui umumnya berwarna putih. Namun jika kondisi ini terus menetap dan tidak berangsur-angsur menghilang, maka Anda perlu waspada infeksi jamur pada lidah bayi.

pijat-bayi-doktersehatPhoto Credit: Flickr.com/Rockyjia

Penyebab lidah putih pada bayi

Ada dua penyebab utama lidah putih pada bayi. Pertama karena sisa ASI yang membentuk lapisan tipis berwarna putih. Kedua, karena adanya selaput infeksi jamur. Untuk membedakan keduanya, Anda bisa mencoba membersihkan lidah dengan sikat gigi khusus bayi. Jika meninggalkan bekas berwarna merah meradang, maka ini merupakan tanda infeksi jamur bernama Candida albicans.

Jamur Candida albicans merupakan jamur yang memang ada di rongga mulut dan tidak menyebabkan masalah. Namun jika pertumbuhannya terlalu cepat dapat menginfeksi selaput dalam mulut dan menyebabkan lidah bayi putih.

Pada bayi, infeksi lidah putih ini lebih sering terjadi karena daya tahan bayi masih lemah. Bayi prematur juga berisiko tinggi mengalami infeksi lidah putih. Selain karena daya tahan tubuh lemah, infeksi lidah putih juga dapat disebabkan oleh penggunaan antibiotik. Antibiotik akan membunuh bakteri baik yang ada di mulut si kecil. Bahkan ibu yang sedang menjalani pengobatan dengan antibiotik juga dapat menyebabkan terhanbatnya pertumbuhan bakteri di mulut bayi.

Kondisi ini sebenarnya bukan hal yang berbahaya bagi si kecil. Hanya saja mungkin si kecil merasa kurang enak badan sehingga enggan menyusu dan rewel.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed