by

Perlukan Suplemen Antioksidan Untuk Atlet?

DokterSehat.Com– Kita tentu tahu bahwa antioksidan sangat baik untuk tubuh. Tidak heran kini antioksidan banyak dijual dalam bentuk suplemen. Tidak jarang antioksidan tersebut diklaim baik dikonsumsi untuk mendukung kebutuhan para atlet. Benarkah?

doktersehat-sepeda-olahraga

Antioksidan untuk atlet

Antioksidan kerap dikaitkan dengan tingginya kebutuhan oksigen para atlet selama berolahraga. Hal ini yang kemudian membuat antioksidan dibutuhkan lebih karena adanya peningkatan radikal bebas hingga manfaat antioksidan yang disebut mampu mendukung pembentukan sel otot.

Kedua hal di atas yang membuat suplemen antioksidan menjadi banyak dipilih oleh para atlet. Antioksidan yang sering dianjurkan untuk atlet adalah antioksidan dari vitamin C, E dan koenzim Q10.

Efektifitas suplemen antioksidan untuk atlet

Hal ini kemudian diteliti efektifitasnya oleh National Institute of Health. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan suplemen antioksidan dari vitamin C, E dan koenzim Q10 tidak memberikan manfaat yang umumnya diharapkan para atlet yaitu membantu pembentukan otot.

Suplemen antioksidan bahkan mengurangi pembentukan sel otot dengan menghambat terbentuknya pertumbuhan otot hingga mengurangi pembakaran energi tubuh.

Selain itu antoksidan, sedikit banyak memiliki efek dengan performa selama beraktivitas. Hal ini ditunjukkan dengan menurunnya ketahanan performa selama olahraga yaitu lari jarak jauh.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed