Program Hunian Terjangkau Ala Anies-Sandi Diragukan Ekonom Kwik Kian Gie

Posted on

  Image result for kwik kian gie

Beritaterheboh.com – Mantan Menteri Koordinator Perekonomian Kwik Kian Gie meragukan program rumah affordable house (hunian yang terjangkau) Anies-Sandi.

Program Affordable house menurut Kwik dapat dilakukan berdasarkan prinsip gotong royong dalam sistem penjaminan sosial.

Menurut Kwik, ia belum yakin apakah konsep yang diajukan Anies-Sandi saat kampanye tersebut bisa dilakukan secara mandiri tanpa tergantung Bank atau tidak.

“Itu kuncinya saya tidak tahu, apakah DKI Jakarta bisa melakukan itu secara mandiri tidak bergantung pada bank,” ujar Kwik di Balai Kota, Monas, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017).

Ia menjelaskan untuk dapat menjalankan program tersebut, prinsip yang harus dilakukan adalah prinsip gotong royong melalui social system secure (badan penjaminan sosial).

“Kuncinya adalah social system secure atau sistem penjaminan sosial, karena sistem penjaminan sosial itu prinsipnya adalah gotong royong,” ujar Kwik.

Lanjut Kwik, para pekerja yang memperoleh pendapatan menyetorkan berapa persen untuk tujuan khusus secara terus menerus.

“Yang sedang mendapatkan pekerjaan dan sedang memperoleh pekerjaan itu dipajaki tetapi bukan pajak istilahnya premi karena tidak dipakai untuk membangun infrastruktur dan lain-lain,”

“Tapi dipakai satu tujuan khusus jadi sekian persen nol sekian persen kalau sakit, nol sekian persen kalau dirawat di rumah sakit,” ujar Kwik.

Mantan kepala Bappenas ini mengatakan premi yang terus menerus dibayarkan warga dalam jangka waktu lama inilah yang digunakan untuk membangun perumahan rakyat.

“Pemasukan uang jumlahnya lebih besar karena pengeluarannya kecil dan berjangka panjang karena bertambah terus itulah yang yang dipakai untuk membangun perumahan rakyat,” ujar Kwik.(tribunnews.com)

Sumber : Berita Heboh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *