by

Ragam DIY Scrub untuk Kulit Berminyak

scrub-alami-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Anda yang memiliki jenis kulit berminyak tentu kerap kesulitan dalam memilih sejumlah produk perawatan kulit. Salah satunya adalah scrub yang berfungsi untuk meluruhkan sel kulit mati dan kotoran pada kulit mati. Kendati demikian, bukan berarti jika Anda tidak dapat mengeksfoliasi kulit. Dilansir dari laman Stylecraze, berikut sejumlah bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk digunakan sebagai srcub khusus kulit berminyak. Tidak hanya mudah dibuat, scrub berikut juga aman untuk digunakan.

1. Mentimun

Salah satu bahan yang sangat disarankan oleh laman Stylecraze adalah mentimun. Mentimun dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat menyerap kelebihan sebum. Lebih lanjut, mentimun juga menjadikan pori-pori kulit lebih kecil sehingga kulit tidak akan terlihat mengkilap. Cara membuat scrub dengan mentimun cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan mentimun dan mengaplikasikannya ke kulit dengan gerakan memutar. Tidak hanya menjadikan kulit lebih segar dan kesat, scrub satu ini juga mencerahkan kulit.

2. Kopi

Scrub kedua yang dapat Anda aplikasikan adalah scrub kopi. Cara membuatnya hanya perlu mencampurkan bubuk kopi dengan yoghurt atau pun madu. Sebagai tambahan informasi, bubuk kopi sendiri mengandung antioksidan yang akan melindungi dan menjaga kesehatan kulit secara alami. Tidak hanya itu saja, bubuk kopi juga membantu mengeksfoliasi sekaligus melancarkan peredaran darah. Tidak heran jika kulit akan tampak lebih cerah dan bersih.

3. Oatmeal

Mengombinasikan oatmeal dengan madu juga dapat menjadi referensi lainnya. Oatmeal tidak hanya membersihkan tumpukan sel kulit mati saja tetapi juga dapatenyerap kelebihan minyak. Lebih lanjut, oatmeal ternyata mengandung Saponin yang menjaga kulit tetap terlihat lebih awet muda. Keuntungan lainnya menggunakan oatmeal sebagai scrub untuk kulit berminyak adalah kemampuannya yang mampu meredakan peradangan pada kulit, terutama yang disebabkan oleh jerawat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed