by

Seberapa Sehat Beras Merah Untuk Penderita Diabetes?

doktersehat-beras-diabetes
Photo Credit: Flickr.com/Arria Belli

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar kan bahwa beras merah menjadi salah satu beras yang sangat dianjurkan konsumsinya untuk penderita diabetes. Kira-kira, seberapa besar sih manfaat kesehatan beras merah untuk penderita diabetes? Yuk simak disini.

Seperti yang kita ketahui, penderita diabetes tentu harus mengontrol pilihan makanannya. Hal ini berlaku pada semua jenis makanan mulai karbohidrat, protein, lemak serta sayur dan buah. Untuk sumber karbohidrat, beras merah menjadi salah satu jenis pengganti yang cukup dianjurkan, mengapa?

Pengganti nasi putih yang tepat bagi penderita diabetes

Sudah menjadi rahasia umum ya jika orang Indonesia tidak kenyang jika tidak makan nasi. Sayangnya, nasi dari beras putih biasa memiliki nilai indeks glikemik yang cukup tinggi, yaitu lebih dari 70.

Beras merah memiliki kandungan indeks glikemik dibawah 50 yang termasuk sedang. Hal inilah yang menyebabkan beras merah menjadi salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes. Dengan mengonsumsi beras merah maka penderita diabetes tetap bisa makan nasi seperti kebiasaan orang Indonesia pada umumnya.

Kandungan serat yang baik untuk tubuh penderita diabetes

Selain indeks glikemik, serat juga menjadi salah satu zat gizi unggulan beras merah. Serat menjadi penting untuk penderita diabetes karena asupan serat yang cukup akan membantu tubuh mengontrol gula darah dan meningkatkan rasa kenyang.

Pada beras putih kandungan seratnya sebesar 2 gram, sedangkan beras merah lebih tinggi yaitu 3 gram serat dalam 100 gram nasi. Hal ini semakin membuat beras merah sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed