Sebuah Taman Misterius di Italia yang Dipenuhi dengan Monster

Posted on

SURATKABAR.ID – Taman memang menjadi tempat yang cocok sekali untuk melepaskan penat dan juga menghabiskan waktu bersama keluarga. Tapi bagaimana jika taman yang dikunjungi merupakan taman monster?

Taman monster ini tidaklah menakutkan melainkan ini adalah salah satu bentuk seni yang sangat bersejarah yang tentunya memiliki kisah menarik dan inspiratif.

Terletak di daerah dekat kota sepi Bomarzo, sekitar 90km utara Roma, Sacro Bosco (atau Hutan Suci) dibangun pada abad 16 oleh Pier Francesco ‘Vicino’ Orsini, pimpinan militer hebat dan junjungan seni, seperti dilansir bbc.com.

Saat merancang Sacro Bosco, Orsini melawan tradisi taman Renaisans Italia. Tak ada tata letak simetris yang dimaksudkan untuk menyenangkan pengunjung.

Alih-alih membuat air mancur berhias, menyusun pagar tanaman yang rapi dan memahat dewa-dewa dan dewi Romawi, Orsini membiarkan pepohonan dan semak-semak tumbuh dan mengisi kebunnya dengan makhluk-makhluk aneh dan tak biasa.

Setelah Orsini meninggal dunia, Sacro Bosco ditelantarkan. Ketertarikan publik baru muncul lagi setelah seniman Salvador Dali mengunjungi taman tersebut.

Dali terinspirasi oleh monster-monster raksasa yang kini tertutup lumut itu lalu ia membuat sebuah film pendek tentang tempat ini pada 1948, dan monster tersebut dirujuk dalam lukisan tahun 1964, The Temptation of Saint Anthony.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Inilah Sejarah Garam Tanah Jawa dalam Legenda Aji Saka

Sementara itu, sampai sekarang hasil karya Orsini tersebut sampai detik ini masih menimbulkan pertanyaan besar yang membuat banyak sejarawan seni saling berdebat mengenai alasan apa yang mendorong Orsini membuat taman tersebut. Apa yang ingin Orsini sampaikan dari taman monster itu?

Orsini berpengalaman dalam literatur klasik, membuat beberapa orang percaya bahwa monster tersebut terinspirasi oleh Arcadia, representasi Utopia yang dijelaskan dalam Virgil’s Aeneid and Ludovico Ariosto’s Orlando Furioso – sebagai sebuah tempat di mana seni dan alam terjalin.

Yang lain berpendapat bahwa Orsini membangun Sacro Bosco untuk melawan taman temannya, Cristoforo Madruzzo. Lalu ada juga yang memiliki pendapat bahwa monster-monster yang ada di Sacro Bosco adalah setan dalam pribadi Orsini yang lahir dari tragedi hidupnya.

Menurut Melinda Schlitt, profesor seni sejarah dan humaniora di Dickinson College di Pennsylvania tengah, jawaban untuk memahami tujuan dibuatnya taman itu terletak pada prasasti yang ditinggalkan Orsini.

“Daripada mencari pesan narasi yang tunggal, lebih tepat untuk mengambil petunjuk dari hubungan antara prasasti yang diukir di taman dan patung-patungnya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *